Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra

 Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya). Stilistika bekerjasama dengan Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) dan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pengajarannya (PPJB-SIP). Melalui universitas, Stilistika juga bekerja sama dengan Forum Jurnal Ilmiah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (FJI-PTM) dan Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Stilistika diterbitkan setahun dua kali, yaitu pada Januari dan Juli dengan nomor  P-ISSN 1978-8800 dan E-ISSN 2614-3127

Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia nomor 28/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode V Tahun 2019, Stilistika Terakreditasi Sinta Peringkat 4.

Stilistika menerbitkan artikel penelitian tentang pengajaran bahasa, sastra, dan linguistik. Berikut ini adalah cakupan dari masing-masing bidang.

  1. Pengajaran bahasa dan sastra Indonesia: pengembangan kurikulum, metode pembelajaran, bahan pembelajaran, media pembelajaran, penilaian, pembelajaran bahasa Indonesia lintas kurikulum, teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan bahasa, pengajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA), dan analisis pembelajaran bahasa Indonesia lainnya.
  2. Sastra: studi sastra lokal, sastra Indonesia, studi sastra asing, sastra anak-anak, studi sastra untuk pendidikan karakter, dan studi sastra lainnya.
  3. Linguistik:  fonologi, morfologi, sintaksis, pragmatik, analisis wacana, psikolinguistik, sosiolinguistik, dan analisis wacana kritis.

Stilistika menerima artikel yang dikirim secara daring melalui laman http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Stilistika/index dan email stilistika@um-surabaya.ac.id. Pastikan naskah yang akan dikirim sesuai dengan ruang lingkup, pedoman penulisan, dan template Stilistika. Naskah yang tidak sesuai dengan sistematika Stilistika tidak akan diproses atau ditolak. Saat mengirimkan naskah, penulis juga harus mengirimkan surat pernyataan penulis yang telah ditandatangai melalui email stilistika@um-surabaya.ac.id. 


Gambar Beranda Jurnal

Vol 13, No 2 (2020)

Daftar Isi

Artikel

Tiomas Redia Gultom, Yumna Rasyid, Zainal Rafli
PDF
127-138
Erwanto Erwanto, Emilia Contessa
PDF
139-144
Wafiqotin Nazihah, Purwati Anggraini
PDF
145-154
Sulistianawati Sulistianawati
PDF
155-167
Rian Damariswara
PDF
168-185
Melati Aprilia
PDF
186-197
Islahuddin Islahuddin, Ku-Ares Tawandorloh, Adareena Chema
PDF
198-215
Everhard Markiano Solissa, Lesly Chriselya Wattimury
PDF
216-224
Ahmad Maskur Subaweh, Sumiyadi Sumiyadi, Iskandarwassid Iskandarwassid, T. Permadi
PDF
225-233
Sakrim Sakrim
PDF
234-242
Defi Putri Rahmawati, Idhoofiyatul Fatin, M. Ridlwan
PDF
243-255
Sujinah Sujinah
PDF
256-271