Analisis Aspek Kebahasaan dan Penyajian Materi pada Elemen Menulis Teks Pidato dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka

Inno Cahyaning Tyas (1), Arju Mutiah (2), Adenarsy Avereus Rahman (3)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jember, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jember, Indonesia,
(3) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Jember, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK


Aspek bahasa dan penyajian materi merupakan bagian yang penting pada buku teks sehingga dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui ketepatan aspek kebahasaan dan penyajian materi pada buku teks bahasa Indonesia kelas VIII SMP kurikulum Merdeka. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Data dan sumber data berupa kata, frasa, dan kalimat dalam buku bahasa Indonesia kelas VIII Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kemendikbud pada tahun 2021, khususnya pada Bab VI materi menulis teks pidato. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa aspek kebahasaan dan penyajian materi secara umum sudah memenuhi kriteria bahasa yang lugas, komunikatif, dialogis, kemampuan memotivasi, dan sesuai kaidah bahasa. Begitu juga dengan penyajian materi sudah menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka. Hal tersebut dapat disesuaikan dengan CP dan TP Kurikulum Merdeka karena sumber data berupa buku bahasa Indonesia karangan Kemendikbud. Jadi dapat disimpulkan buku teks tersebut secara kebahasaan dan penyajian materi sudah memenuhi kriterianya.


Kata kunci: Kebahasaan, Penyajian materi, Buku teks, Kurikulum Merdeka


 


ABSTRACT


The feasibility aspect of textbooks is something that has urgency in the standards of teaching textbooks for students. The purpose of this study is to determine the accuracy of the linguistic aspects and the presentation of material in the Indonesian textbook for grade VIII of the Independent Curriculum Junior High School. This research method is a qualitative approach, data and data sources in the form of words, phrases, and sentences in Indonesian books for grade VIII of Kurikulum Merdeka published by the Ministry of Education and Culture in 2021, especially in Chapter VI of the material for writing speech texts. The results and discussion of this research, namely based on the linguistic aspects and the presentation of the material in general, have met the criteria of straightforward, communicative, dialogical, motivating ability, and according to language rules. Likewise, the presentation of the material has adjusted to the Independent Curriculum. This can be adjusted to the CP and TP of the Independent Curriculum because the data source is in the form of an Indonesian book by the Ministry of Education and Culture. So it can be concluded that the textbook linguistically and the presentation of the material has met the criteria.


Keyword: Language aspects, Presentation of Material aspects

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abdullah S., Susilo, & Mulawarman, W. G. (2022). Analisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 5(3), 707–714.

Apriliana, Y. (2022). Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas VII SMP/MTs Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Edisi Revisi Tahun 2017. Yogyakarta: Jurnal Student, 706-712.

Fadhilatanni, I. (2020). Analisis Penggunaan Buku Teks Pendamping bahasa Indonesia kelas X dalam Perspektif Kebijakan Perbukuan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 109-116.

Gusfitri, M. L. & Delfia, E. (2021). Bahasa Indonesia. Edisi ke-1. Kemendikbud: Jakarta.

Hidayat, W. A. (2021). Analisis Buku Teks Al-Quran Hadits Kelas VII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Agama Perspektif Psikologi Perkembangan Peserta Didik. UIN Sunan Gunung Djati.

Mappiara, Z. A., Arif, M., & Munirah. (2020). Analisis Bahan Ajar dalam Buku Teks Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas VII (Ditinjau dari Segi Isi dan Pengembangan Kognitif Anak). Jurnal Pendais, 2(1), 1-12.

Meliyawati, dkk. Kemampuan Menulis Naskah Pidato Siswa Kelas IX MTs. Malnu Kabupaten Lebak. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 58.

Moleong, L. C. (2018). Pengaruh Real Interest Rate dan Leaverge Terhadap Financial Distress. Yogyakarta: Jurnal Modus, 30(1), 71-86.

Nurjanah. (2002). Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, Penyajian, dan Kegrafikan Buku Metode Matin dalam Pengenalan Membaca Permulaan pada Anak TK Elfash. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Purnanto, A. W. & Mustadi, A. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. Magelang: Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 103-104.

Rihannah, A. & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi dan Bahasa pada Buku Teks Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sirampog. Jurnal Hasta Wiyata, 5(1), 32-41.

Salamah, U., Hera, R., & Hadi, K. (2020). Analisis Tingkat Kesesuaian Materi Keanekaragaman Hayati pada Buku Teks Biologi SMA Kelas X. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 17(2), 1-13.

Sudirman, K. L. P. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. Bandung: Jurnal Sosietas, 7(1), 341-345.

Penulis

Inno Cahyaning Tyas
Inno.cahyaningtyas1810@gmail.com (Kontak utama)
Arju Mutiah
Adenarsy Avereus Rahman
Tyas, I. C., Mutiah, A., & Rahman, A. A. (2024). Analisis Aspek Kebahasaan dan Penyajian Materi pada Elemen Menulis Teks Pidato dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VIII Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(2), 217–236. https://doi.org/10.30651/st.v17i2.22884

Rincian Artikel

No Related Submission Found