Hubungan Pola Interaksi Sosial dengan Motivasi Belajar Siswa
Abstrak
Penelitian ini meneliti tentang hubungan antara pola interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar Geografi siswa di SMAN 3 Raha. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara pola interaksi pembelajaran dengan motivasi belajar pada siswa di SMAN 3 Raha. Populasi dan sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 3 Raha. Sehingga sampel berjumlah 68 orang. Teknik analisis data digunakan dua mekanisme, yakni dengan teknik analisis secara deskriptif dan teknik analisis statistic nonparametric dengan menggunakan rumus rank spearman. Berdasarkan hasil pengujian korelasional melalui teknik uji korelasi tata jenjang atau Rank Order Spearman Rho (p) diperoleh nilai koefisien rs = 0,56, yang menunjukkan koefisien korelasi yang cukup kuat. Selanjutnya, berdasarkan analisis uji signifikansi yang dilakukan, menunjukkan bahwa kisaran indeks thitung > ttabel atau thitung (5,5) > ttabel (2,000) dengan db (N-2) = 66. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel Pola Interkasi Pembelajaran (variabel bebas X) secara signifikan memiliki hubungan yang cukup kuat dengan variabel Motivasi Belajar Siswa (variabel terikat Y). Pada unit populasi siswa di SMA Negeri 3 Raha. Disimpulkan bahwa minat dan motivasi belajar merupakan faktor yang menentukan tingkat prestasi belajar siswa.
Artikel teks lengkap
Referensi
Akdon dan Riduwan, 2010. Rumus, Rancangan dan Teknik Pengolahan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: Penerbit PT. AlfaBeta Press.
Ali, Moch., 2005. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Alsa, Sumadi., 2005. Program Belajar, Kompetensi Mengajar Guru, Jenis Kelamin, Motivasi Belajar Berdasar Regulasi Diri, dan Prestasi Belajar. Tesis (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Penerbit PPs UGM Press.
Azwar, 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Penerbit PT. Pustaka Pelajar
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Ghoni,2009. Pengantar Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit AlfaBeta
Hadits dan Nurhayati. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: AlfaBeta
lam Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Kencana Prenada Media Group.
Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Gaung Persada
Jalaluddin., 1994. Psikologi Belajar dalam Pengajaran Langsung untuk Acuan Guru sebagai Manager Pembelajaran. Surabaya: University Press.
Kusbini, 2012. Pengantar Psikologi dalam Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional
Mulyasa, 2005. Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara
Riduwan, 2011. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Penerbit PT. Alfa Beta
Rohani dan Ahmadi, (2005). Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Sardiman, 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Raja Grafindo.
Sudijono, 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Radja Grafindo Persada.
Sudjana, 2004. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Sudjana, 2009. Metode dan Strategi Mengajar. Bandung: Penerbit AlfaBeta Press.
Sukiman, 2012. Pengembangan Sistim Evaluasi. Yogyakarta: PT. Insan Madani.
Sukmadinata, 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja RosdaKarya
Suryabrata, 2005. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutikno, 2009. Motivasi dalam Belajar. Jakarta : PPLPTK, Dirjen Dikti, Depdiknas.
Syah, Muhibbin., 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Taniredja. 2012. Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Bandung: AlfaBeta
Walgito, 2008. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit Prenada Media Pustaka.
Winkel, S. J., 2005. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
Yamin, Martinis., 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.