Penanganan Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Psikologi Belajar di SMA Negeri 3 Kendari

Lilianti Lilianti (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Kesulitan belajar adalah salah satu kondisi atau masalah yang dialami oleh siswa dalam belajar, sehingga dapat menurunkan kinerja akademik atau prestasi belajar siswa. Dengan kondisi seperti ini perlu adanya pendekatan proses belajar yang baik dan solutif, untuk memberikan pemahaman serta dapat memahami aspek psikologis siswa dalam belajar sehingga perlu adanya “Balance†psikologi belajar antara guru dan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui cara mendiagnosis kesulitan belajar siswa; (2) untuk mengetahui solusi untuk mengatasi/memecahkan masalah kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripti kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, obeservasi dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah wawancara, catatan lapangan, identifikasi, deskripsi. Hasil dari penelitian diketahui bahwa langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah:
(a) Guru dapat mengetahui dan memahami kondisi dan perbedaan setiap siswanya; (b) Guru dapat memetakan kondisi dan keadaan siswa berdasarkan karakteristiknya, kemampuannya maupun gaya siswa dalam belajar; (c) Guru dapat mengkolaborasikan model maupun pendekatan dalam belajar sehingga menciptakan variasi dalam belajar;  (d) Guru dapat memahami kondisi psikologis anak dalam belajar sehingga terjadi balance dalam setiap proses belajar mengajar;
(e) Guru memberikan motivasi, dorongan dan perhatian kepada anak agar dapat belajar dengan baik dan sungguh-sungguh.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Hakim, Thursan. (2005). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi. Vol. 2, Nomor 1.

Robbins, Stephen P. (2007). Perilaku Organisasi Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Syaiful, Bahri Djamarah. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Syamsuddin, Abin Makmun. (2007). Psikologi Kependidikan Perangkat Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, Ahmad. (2009). Kesulitan dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Paramitra Publihing.

Sutama. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Fairuz Media.

Syaiful, Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta:Rineka Cipta

Soyomukti, Nurani. (2011). Teori-Teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal I tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Penulis

Lilianti Lilianti
lilianti@umkendari.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

Lilianti Lilianti, Universitas Muhammadiyah Kendari

Dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Kendari

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found