Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar

Santy Afriana (1), Andi Prastowo (2)
(1) , Indonesia,
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta

Abstrak

Penyampaian materi selama masa pandemi maka memerlukan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian peserta didik. Penggunaan media e-comic menjadi upaya dalam mengoptimalisasikan pembelajaran secara daring. Penelitian ini mendeskripsikan media pembelajaran berupa e-comic yang digunakan saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penggunaan media e-comic terhadap optimalisasi pembelajaran daring. Media pembelajaran berupa  e-comic tidak hanya memberikan materi semata melainkan terdapat penanaman karakter cinta lingkungan yang tersirat dalam alur cerita pada bacaan. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif dengan metode riset lapangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Hasil analisis data menunjukan bahwa e-comic digunakan sebagai media pendukung dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar, tidak hanya itu media yang digunakan juga perlu mempertimbangkan hal-hal yang dapat membentuk atau menumbuhkan sikap positif sebagai bentuk penanaman karakter baik bagi anak. Dapat disimpulkan bahwa pada penggunaan e-comic ini memiliki dampak positif bagi motivasi dan antusiasme belajar peserta didik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Alannasir, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Sd Negeri Mannuruki. Journal Of Educational Science And Technology (Est), 2(2), 81.

Aslami, R. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi. 6(2), 135–148.

Batubara, Y. A., Zetriuslita, Z., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-Comic Aritmatika Sosial Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 1–10.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jtam | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36.

Febriandar, E. I. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4), 498.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.

Hidayah, V. N., Yuliawati, F., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). Kurikulum Tematik 2013 Dalam Framework. 13(2), 162–171.

Kurniawan, H., Susanti, E., & Arriyani, N. (2021). Menjadi Guru Yang Siap Di Masa Pandemi Covid-19 , Melalui Workshop Penggunaan Edmodo Dan Google Classroom Pada Pembelajaran Daring. Publika, 11(1), 63–67.

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online Dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online Di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal Ijiem, 1(1), 29–36.

Mayudho, I., & Supriyatno, A. (2020). Penggunaan Pembelajaran Media Elektronik Untuk Pendidikan. Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 5, 90–98.

Mudlofir, Ali, Evi Fatimur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers

Munjiatun. (2020). Perception Of The Need For Children’s Comic Media Development With The Themes Of Prevention Of Covid-19 In Elementary School Learning. International Journal Of Social Science And Human Research, 03(11), 261–265.

Purnama, M. N. A. (2020). Blended Learning Sebagai Sarana Optimalisasi Pembelajaran Daring Di Era New Normal. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2(02), 106–121.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420.

Rahman, A. (2018). Desain Model Dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 16(2), 128–143.

Rohani. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–95.

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173.

Rohmanurmeta, F. M., & & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Snasppm, 3(1), 87–90.

Rosnaeni, R., & Prastowo, A. (2021). Kendala Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19: Kasus Di Sdn 24 Mecanang Kabupaten Bone. Jurnal Basicedu, 5(4), 2241–2246.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.

Saputra, V. H., Pasha, D., & Indonesia, U. T. (2021). Komik Digital Berbasis Scientific Method Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid - 19. 4(1), 1–12.

Septian Prawijaya, D. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa Dengan Modul Berbasis Media It/Ict Septian Prawijaya, Laurensia Masri Perangin-Angin, Wahyu Tri Purnomo, Reza Rafizal, Friska Lestari Nainggolan. 5(2), 33–38.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT.Alfabet

Sharp, E. A., Norman, M. K., Spagnoletti, C. L., & Miller, B. G. (2021). Optimizing Synchronous Online Teaching Sessions: A Guide To The “New Normal†In Medical Education. Academic Pediatrics, 21(1), 11–15.

Simanjuntak, H. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Analisis Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Online Di Sdn 065854 Medan Helvetia Serta Solusinya Jurnal Dirosah Islamiyah. 4(2021), 20–26.

Siregar. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. Al-Ahya, 01(01), 219–232.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah. Journal Of Natural Science And Integration, 1(1), 62–68.

Suryaman, M., Cahyono, Y., Muliansyah, D., Bustani, O., Suryani, P., Fahlevi, M., Pramono, R., Purwanto, A., Purba, J. T., Munthe, A. P., Juliana, & Harimurti, S. M. (2020). Covid-19 Pandemic And Home Online Learning System: Does It Affect The Quality Of Pharmacy School Learning? Systematic Reviews In Pharmacy, 11(8), 524–530.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101.

Yulianti, R. E., Astriani, D., & Qosyim, A. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Penerapan Media Visual Mobile Learning Berbasis Comic Android Guna. 9(3), 407–413.

Penulis

Santy Afriana
afrianasantii@gmail.com (Kontak utama)
Andi Prastowo

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found