Meningkatkan Kreativitas Menulis Mahasiswa Melalui Metode Menulis Pengalaman Pribadi

Arfin Arfin (1), Pahenra Pahenra (2), Asrul Asrul (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah kreatifitas menulis mahasiswa dapat ditingkatkan melalui metode menulis pengalaman pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan faktor yang diteliti yaitu faktor mahasiswa dan faktor metode. Penelitian dilaksanakan melalui prosedur perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan penilaian, serta refksi. Data dikumpulkan dengan cara teknik tes dan non tes, kemudian dianalisis secara analisis kualitatif dengan idikotor berhasilan 76% secara individu maupun secara klasikal. Hasil penelitian yaitu kreatifitas menulis mahasiswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode menulis pengalaman pribadi di Program Studi Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari, dengan nilai rata-rata secara klasikal 76,15%  yang sebelumnya nilai rata-rata kreatifitas menulis mahasiswa berkisar 58,45% pada pratindakan dan 63,18% pada tindakan siklus 1. Kemampuan dan keterampilan menulis mahasiswa dikategorikan kreatif dan memenuhi nilai ketuntasan minimal 76%.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Andheska, Harry. 2016. Membangun Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Memanfaatkan Media Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Jurnal Bahastra, Oktober 2016, Volume XXXVI, Nomor 1.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngudiana. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Melalui Strategi Modelling. Jurnal Wahana Pedagogika, Vol. 2, No. 1.

Permatasari, RW. 2014. Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Siswa TK Kelompok B. Surabaya: Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, Volume 1, Nomor 1, April 2014, hal 1-75.

Prabawati, Anisa. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Pengalaman Pribadi Dengan Metode Kuantum pada Siswa Kelas IX SMP N 11 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1, No. 1. http://garuda.ristekdikti.go.id

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Al Fabeta.

Wonopuspito, TS & Cahyono R. 2014. Perkembangan Kreativitas dalam Menulis Berbahasa Inggris Pada Roleplayer. Surabaya: Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan Vol. 3 No. 02.

Penulis

Arfin Arfin
ar_fin@yahoo.co.id (Kontak utama)
Pahenra Pahenra
Asrul Asrul
Biografi Penulis

Arfin Arfin, Universitas Muhammadiyah Kendari

Dosen di Program Studi Administrasi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found