Meningkatkan Motivasi Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Flipped Classroom

Udik Pudjianto (1), Nia Saurina (2), Firman Hadi Pratama (3), Anang Kukuh Adisusilo (4)
(1) BPPAUD & DIKMAS Jawa Timur, Indonesia,
(2) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia,
(3) universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia,
(4) Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran simulasi digital menggunakan metode pembelajaran flipped classroom pada siswa kelas X SMK GIKI 1 Surabaya tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur motivasi belajar siswa menggunakan flipped classroom berbantuan media youtube. Sebanyak 35 siswa X IPA 1 dilibatkan dalam penelitian tindakan kelas ini. Hasil dari penelitian adalah motivasi siswa terhadap pembelajaran melalui media youtube pada siklus I motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu 65,3%. Hasil belajar siswa diukur dari hasil evaluasi diperoleh 65,5%. Pada siklus II dilakukan tidak jauh berbeda dengan siklus pertama dari segi perencanaan, tindakan dan observasi. Adapun hasil pengamatan peningkatan motivasi siswa 82% dan peningkatan hasil belajar siswa sebesar 80,2%.

Referensi

Read More

Penulis

Udik Pudjianto
udik.its@gmail.com (Kontak utama)
Nia Saurina
Firman Hadi Pratama
Anang Kukuh Adisusilo
Biografi Penulis

Nia Saurina, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Teknik

Firman Hadi Pratama, universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Teknik

Anang Kukuh Adisusilo, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Teknik

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found