Pengaruh Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Konsentrasi dan Hasil Belajar Bahasa Jawa Kelas 5 MINU Durung Bedug Candi Sidoarjo
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi dan hasil belajar bahasa jawa kelas V di MINU Durung Bedug Candi, Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan uji korelasi pearson moment dan regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah 62 peserta didik kelas V di MINU Durung bedug Candi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Adanya pengaruh negatif antara kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi belajar peserta didik kelas V MINU Durung Bedug. Berdasarkan hasil menunjukkan konsentrasi belajar peserta didik memiliki hubungan hanya sebesar 1,8% dan 98,2% lainnya dipengaruh oleh faktor lain, yang artinya hampir tidak ada hubungan sama sekali. 2) Adanya pengaruh positif antara kebiasaan sarapan pagi dan hasil belajar bahasa jawa kelas V. Dari hasil hipotesis menunjukkan bahwa pengaruh kebiasaan sarapan pagi terhadap hasil belajar sebesar 5,9 % sedangkan 94,1 % hasil belajar dipengaruhi oleh variable yang lain yang tidak diteliti. 3) Secara bersama antara kebiasaan sarapan pagi terhadap konsentrasi dan hasil belajar bahasa jawa kelas V di MINU Durug bedug candi memiliki pengaruh sebesar 24,8% dan 75,2% lainnya dipengaruh oleh faktor lain. Sehingga seyogyanya sarapan pagi tetap dijadikan pembiasaan meskipun konsentrasi dan hasil peserta didik tidak banyak berpengaruh.
Artikel teks lengkap
Referensi
Amir, M. F., & Kurniawan, M. I. (2020). Penerapan pengajaran terbalik untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa PGSD UMSIDA pada materi pertidaksamaan linier. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 13–26.
Arifin, M. B. U. B., & Fitria, K. L. (2017). The Implemantation of Islamic Character Through Developing Material of Indonesian Language in 3rd Grade of Islamic Elementary School. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 23–36.
Arifin, M. B. U. B., & Nurdyansyah, N. (2018). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. UMSIDA Press.
Azizah, S. N. (2015a). Peningkatan Konsentrasi dan Hasil Belajar IPA Melalui Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Jomblangan. BASIC EDUCATION, 4(5).
Darmawan, D., Muhammad, Z., Oktaviani, E., & Fauziah, A. N. (2018). Penanaman Etika Lingkungan Sungai Pada Siswa SDN 02 Cikalang Kota Tasikmalaya (Melalui Gerakan Anak Cinta Sungai). http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10374
Devi, N. (2012). Gizi anak sekolah. Jakarta: Kompas, 47–127.
Dewi, N. K., & Apriliani, E. I. (2019). Pembiasaan Penggunaan Bahasa Jawa pada Anak Usia Dini di PAUD Al-Falah Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 84–91.
Dila Sari, A. (2016). Implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 Tahun 2014 Tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib Di Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kertosono Kabupaten Nganjuk. Publika, 4(6).
Hamiyah, N., & Jauhar, M. (2014). Strategi belajar mengajar di kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Kleinman, R. E., & Greer, F. R. (2013). Pediatric Nutrition, (Sponsored Member Benefit). Am Acad Pediatrics.
Kurniati, E. (2015). Implementasi Pembelajaran Bahasa Jawa SD yang Integratif Komunikatif Berbasis Folklore Lisan sebagai Wujud Konservasi Budaya. Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(2).
Meriska, I., Pramudho, K., & Murwanto, B. (2016). Perilaku sarapan pagi anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan, 5(1).
Patmawati, E. (2017). Hubungan Sarapan Pagi Dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V Sdn Gugus Diponegoro Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang [PhD Thesis]. Universitas Negeri Semarang.
Poerwadarminta, W. J. S. (2004). Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ke-4). Jakarta: PN Balai Pustaka.
Susanto, H. P. (2016). Analisis hubungan kecemasan, aktivitas, dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar matematika siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134–147.
Triwahyuni, E. T. (2019). Pengaruh Negatif Game Online Terhadap Konsentrasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Mi Hidayatul Mubtadi’in Sukorame Gandusari Trenggalek.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.