Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto

Apriani Safitri (1), Kabiba Kabiba (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Media pembelajaran berupa gambar merupakan alat bantu yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran dengan tujuan untuk membentuk pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik. Sehingga peran dari seorang guru yang memiliki keahlian, ketepatan dan kemampuan dalam penggunaan media tersebut sangat berpengaruh pada terbentuknya minat belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif yakni peneliti menggambarkan penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto melalui wawancara mendalam pada informan penelitian yang didukung dengan proses pengamatan dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas IV, 3 orang guru mata pelajaran dan  seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan alur, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan tahap verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam menggunakan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 3 Ranomeeto yakni; menyesuaikan materi dengan gambar yang akan digunakan, merancang media gambar yang akan digunakan mengingat keterbatasan media, menyusun langkah-langkah dalam menggunakan media gambar, menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran berdasarkan RPP, referensi dan tujuan pembelajaran yang telah disusun sebelumnya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryanti, Ade Siti. 2018. Jurnal: Penggunaan Media Gambar Dan Media Radio Pada Pembelajaran Menulis Deskripsi Siswa Kelas X SMA Tunas Harapan Balaraja-Tangerang. Jurnal Kredo Vol. 1 No. 2 April 2018.

Intansari, Rini. 2017. Skripsi: Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tanjung Senang Bandar Lampung. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Juliana, 2016. Skripsi: Penggunaan Media Gambar Dalam Dalam Peningkatan Minat Belajar Fiqih Siswa Kelas IV MIN Ulee Kareng. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh

Noviyanti, Yohana Budi dkk. 2016. Artikel: Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi. Pendidikan Ekonomi-BKK Administrasi Perkantoran, Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Rahman, Abdul dan Muhib, Abdul Wahab. 2009. Psikologi suatu Pengantar dalam Prespektif Islam. Jakarta: Kencana.

Sadiman, Arief S. 2003. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Safitri, Apriani dan Nurmayanti. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Masyarakat Bajo. Universitas Muhammadiyah Surabaya: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan (Didaktis).

Setyani, Ricka Intan. 2016. Artikel: Hubungan Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi IPS SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2015/2016. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta

Sudjana, Nana dan Rivai, A. 2013. Media Pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2005 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).

Penulis

Apriani Safitri
apriani.safitri87@yahoo.com (Kontak utama)
Kabiba Kabiba
Biografi Penulis

Apriani Safitri, Universitas Muhammadiyah Kendari

Program Studi Administrasi Pendidikan

Gol. IIIb/Lektor

Kabiba Kabiba, Universitas Muhammadiyah Kendari

Program Studi Administrasi Pendidikan

Gol IIb.Lektor

Rincian Artikel

No Related Submission Found