Keteladanan Orang Tua dalam Menanamkan Nilai Etika pada Anak

Kabiba Kabiba (1), Pahenra Pahenra (2), Bai Juli (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Kendari, Indonesia

Abstrak

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat penting dan dapat memajukan penyelenggaraan pendidikan di masyarakat. Maka dengan demikian penelitian ini dilakukan atas dasar adanya anggapan bahwa krisis nilai  etika pada anak sebagai wujud pendidikan keluarga yang tidak baik sehingga program sekolah untuk mencerdaskan peserta didik belum tercapai. Dari hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabupaten MunaAdapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, dan Anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabuaten Muna. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil kesimpulan secara induksi. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang terkumpul diketahui bahwa deskripsi keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabuaten Muna adalah dapat menentukan sikap yang baik sesuai dengan tata nilai yang dapat diterapkan dalam lingkungan di masyarakat, yang mana bentuk keteladanan orang tua tersebut berupa: mengajarkan dan membimbing anaknya tidak hanya dengan aturan tetapi juga harus disertai contoh nyata, memperhatikan setiap kesempatan untuk memberikan pujian atau penghargaan secara wajar, memberikan pemahaman tentang pentingnya kaidah-kaidah, nilai etika serta manfaatnya bagi masa depan anak dan memberikan tanggung jawab kepada anak agar anak lebih mampu mempertanggung jawabkan tindakan-tindakannya.

Kata Kunci: Keteladanan Orang Tua, Nilai Etika.

Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak sangat penting dan dapat memajukan penyelenggaraan pendidikan di masyarakat. Maka dengan demikian penelitian ini dilakukan atas dasar adanya anggapan bahwa krisis nilai  etika pada anak sebagai wujud pendidikan keluarga yang tidak baik sehingga program sekolah untuk mencerdaskan peserta didik belum tercapai. Dari hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabupaten MunaAdapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, dan Anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabuaten Muna. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil kesimpulan secara induksi. Setelah dilakukan analisis terhadap data yang terkumpul diketahui bahwa deskripsi keteladanan orang tua dalam menanamkan nilai etika anak di Desa Bone Kancitala Kecamatan Bone Kabuaten Muna adalah dapat menentukan sikap yang baik sesuai dengan tata nilai yang dapat diterapkan dalam lingkungan di masyarakat, yang mana bentuk keteladanan orang tua tersebut berupa: mengajarkan dan membimbing anaknya tidak hanya dengan aturan tetapi juga harus disertai contoh nyata, memperhatikan setiap kesempatan untuk memberikan pujian atau penghargaan secara wajar, memberikan pemahaman tentang pentingnya kaidah-kaidah, nilai etika serta manfaatnya bagi masa depan anak dan memberikan tanggung jawab kepada anak agar anak lebih mampu mempertanggung jawabkan tindakan-tindakannya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Al-ghazali, Imam. 2001. Didikan Orang Tua Terhadap Anak. Jakarta : Pemata Indah

Dewey, John. 2003. Pengaruh Pendidikan Keluarga Terhadap Kepribadian.Bandung ; Ilham Jaya

Gazalba, Sidi. 1976. Konsep Rumah tangga. Bandung : Gramedia Kencana Bandung

Goleman, Daniel, 2001. Pentingnya keteladanan orang tua bagi anak. Jakarta : PT Kompas Media Nusantara

Hadjar, Ibnu. 1999. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rineka cipta

Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

Marimba, Ahmad. D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif, 1989.

Nasution. 2003. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak, Jakarta: Gunung Mulia

Pribadi, Harlina. 2007. Pendidikan keluarga. Jakarta : Pustaka Alami

Santoso, Ananda. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Dua

Sauri, Sofyan. 2006. komunikasi sosial, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Siahaan, Henry N., 1998. Nilai-Nilai Pendidikan keluarga. Jakarta : pustaka alami Sudiyono. 2009. Konsep keteladanan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumantri, Endang. 2006. Peranan Nilai-nilai dalam pendidikan anak. Jakarta : Pustaka Alami

Suparta, 2008. Peranan Nilai-nilai dalam pendidikan keluarga, jakarta : PT. Kompas Gramedia Building

Purwanto, 1994. Pengertian Rumah Tangga dalam Konteks Sosial, Yogyakarta : Kreasi wacana

Susanto, 2006. Peranan Pendidikan, Iptek dan Keluarga. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Syamsudin, Abin. 2009. Pendidikan Keluarga. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Taufik, Imam, Nilai Etika dalam Bermasyarakat, Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada, 2006.

Penulis

Kabiba Kabiba
kabibaan2@gmail.com (Kontak utama)
Pahenra Pahenra
Bai Juli

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found