Implementasi Direct Instruction dalam Meningkatkan Aktivitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus I Melalui Program Lesson Study
Abstrak
ABSTRAK
Pelaksanaan model pembelajaran direct instruction dalam eningkatkan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus II melalui Program Lesson Study di Prodi Pendidikan Matematika, secara umum memberikan nuansa baru dalam dunia perkuliahan. Lewat program
ini antar dosen bisa mengambil nilai-nilai dari dosen lain yang bisa ditiru, sebagai contoh yaitu dalam hal penguasaan materi, ketelatenan, kesabaran, dan cara memotivasi mahasiswa, selain itu melalui program ini secara umum dapat meningkatkan aktivitas
mahasiswa pada saat Proses Belajar Mengajar (PBM).Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peningkatan aktivitas mahasiswa padasetiap siklus PBM, yaitu peningkatan ratarata 5% pada aspek interaksi antara mahasiswa dan mahasiswa, 8% pada aspek interaksi
antara mahasiswa dan dosen, dan penurunan rata-rata 5% untuk pada aspek siswa yang pasif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa melalui program Lesson Study dengan menggunakan model pembelajaran direcinstruction aktivitas mahasiswa meningkat pada setiap siklus implementasi pembelajaran.
Kata kunci: Direct Instruction, Lesson Study, kalkulus II.
Artikel teks lengkap
Referensi
Depdiknas. 2009. Program Perluasan Lesson Study Untuk Penguatan LPTK. Jakarta: Direktorat Ketenagaan.
Herawati Susilo, 2012, Peningkatan Mutu Perkuliahan Di Perdosenan
TinggiMelalui Lesson Study, Makalah disajikan dalam Lokakarya Lesson Study untuk Dosen FMIPA Universitas Muhammaddiyah Surabaya, 9 Februari 2012.
Makrup, Farid. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika Makalah
disampaikan dalam kegiatan Workshop KBK Mata Pelajaran Matematika, Bhs. Indonesia dan Bhs. Inggris, Suku Dinas Pendidikan Dasar Kodya Jakarta Selatan, tanggal 11 – 12 Mei 2004 di SMK 57 Jakarta.
Nurmalita dkk, Direct Instruction Sebagai Metode Untuk Meningkatan Pemahaman Materi Pemantulan Cahaya Pada Open Class Lesson StudyDi Smpn Model Terpadu Bojonegoro. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional IX Pendidikan Biologi
FKIP UNS.
Suratno, Tatang. 2011. Implementasi Lesson Study pada Pengajaran Deret Aritmatika di Sekolah Avicenna. Makalah, UPI. Universitas Muhammadiyah Surabaya. 2010. Pedoman Akademik Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Surabaya
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.