IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “GABUZ”

Wahyuni suryaningtyas (1), Endang suprapti (2), Agus solikin (3), Shoffan shoffa (4)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK


Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pebelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan asas-asas kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study dapat diimplementasikan pada berbagai jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi, salah satunya Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) yang menerapkan program Lesson Study berbasis karakter dalam kegiatan akademisnya pada Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lesson Study pada program studi pendidikan matematika semester gasal 2013/2014 dilaksanakan pada mata kuliah Statistika Dasar. Tahap implementasi Lesson Study pada program studi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya
telah berjalan dengan sejumlah 5 (lima) tahapan pelaksanaan yaitu: pendefinisian, perencanaan, pelaksanaan/implementasi, analisis data, dan penyusunan artikel ilmiah. Hasilhasil yang diperoleh antara lain: (1) Terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar, terutama pada waktu menggunakan media pembelajaran “GABUZâ€. Dosen juga dapat berkolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya dan sebagai best practice PBM dengan
menggunakan media pembelajaran. (2) Melalui pembelajaran dengan Lesson Study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan karakter mahasiswa pada mata kuliah Statistika Dasar pada aspek teliti, pantang menyerah,
kreatf, dan tanggungjawab. (3) Implementasi Lesson Study secara berkelanjutan akan mempercepat peningkatan profesionalisme dosen dalam pelaksanaan perkuliahan. Peningkatan keprofesionalan dosen akan diikuti oleh peningkatan efektivitas kegiatan belajar mengajar dan secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan mutu
pendidikan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

As’ari, A. R. 2001. Sekilas Tentang Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning. Makalah Seminar Jurusan Matematika FPMIPA. Malang, Tanggal 15 Maret.

Hendayana, dkk. 2007. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatakan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman IMSTEP-

JICA), UPI Press, Bandung.

Jacob, E. 1999. Cooperative learning in context: An educational innovation in everyday classrooms. Albany: State University

of New York Press.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan.

Lewis, Catherine C. 2002. Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change. Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc.

Lonning, R. 1993. Effect of cooperative learning strategies on student verbal interaction and achievement during conceptual

change instruction in 10th grade general science.

Journal of Research in Science Teaching, 108, 1087-1101.

Nur, M. & Wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran.

Surabaya: Unesa.

Hawkins, D. M. and Zamba, K. D., (2005), “Statistikal Process Control for Shifts in Mean or Variance Using a Change-Point Formulationâ€, Journal Technometrics, 47, 164-173.

Paidi. 2009. Action Plan Lesson Study: Bahan Pendukung Workshop Lesson Study yang Diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Desember 2009- Januari 2010 di SMK 6 Yogyakarta.

Rochayati, Umi., Wardani, Ratna., Suprapto. 2011. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Membangun Karakter Kerja Pada

Perkuliahan Praktik Teknik Digital Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. (http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/

/-Peningkatan%20Kualitas%- 20Pembelajaran%20Dan%20Membangun% 20Karakter%20Kerja.pdf). (Diunduh 27 Juni 2012).

Tim Lesson Study. 2007. Rambu-rambu pelaksanaan Lesson Study. FMIPA UNY. Yogyakarta

Tim Lesson Study (2012). Instrumen Lesson Study. Surabaya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UMSurabaya.

Teuku Ramli Zakaria. 2001. Pendekatan-Pendekatan Pendidikan Nilai dan Implementasi dalam Pendidikan Budi Pekerti. (http://www.pdk.go.id/-balitbang/ Publikasi/Jurnal/No_026). (Diunduh 27 Juni 2012).

Yoshida, M., 1999, Lesson Study: A Case Study of a Japanese Approach to Improving Instruction Through School-Based

Teacher Development. Disertasi Doktoral yang tidak diterbitkan, The University of Chicago diterjemahkan oleh Mukhlas Yusak widyaiswara LPMP Jawa Tengah dalam bentuk cetakan lepas.

Penulis

Wahyuni suryaningtyas
yuni.surya83@gmail.com (Kontak utama)
Endang suprapti
Agus solikin
Shoffan shoffa

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found