Pengembangan Video Animasi Materi Tata Surya Kelas VI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Mi Muhammadiyah 2 Kedungbanteng

Rizal Hasan Hulqi (1), Moch. Bahak Udin By Arifin (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi yang dapat membantu dalam memproyeksikan gambaran tentang planet-planet atau benda-benda yang ada di luar angkasa. Media video animasi dapat membantu menyelesaikan masalah dalam belajar yang berdampak pada menurunya nilai dan prestasi peserta didik disebabkan minimnya penggunaan media inovatif yang membuat semangat peserta didik untuk belajar menurun, dalam era berkembangnya zaman digital, teknologi salah satu alat untuk membantu siswa dalam mengalami kesulitan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode R&D dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan test, berupa data kuantitatif deskriptif. Model penelitian ADDIE mengcangkup lima tahapan (analyze, design, development, implementation,evaluation). Media yang akan digunakan untuk pembelajaran di katakan valid oleh ketiga ahli dibuktikan dengan adanya hasil (1) ahli konten memiliki presentasi kevalidan sebesar 80% (2) ahli media  sebesar 83,3% (3) ahli design 80%, setelah di nyatakan valid media ujikan pada siswa kelas VI di MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng. Berdasarkan hasil analisis uji-t terhadap pretes nilai rata-rata 54,5 dan postest 81,9. Karena nilai sig. (2-tailed) atau uji 1 sebesar 0,00 yang artinya <0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ho ditolak ha di terima. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh video animasi yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran fisika berbasis web enhanced course: mengembangkan web-logs pembelajaran fisika dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 13. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435

Branch. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. pinger Science & Business Media.

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 116–137. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Elianur, C. (2020). Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah. Jurnal As-Salam, 4(1), 37–45. https://doi.org/10.37249/as-salam.v4i1.142

Ernawati. (2017). Menumbuhkan nilai Pendidikan Karakter Anak Melalui Dongeng Fabel dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 120–133.

Hartanti, F. D., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2020). Pengembangan media pembelajaran matematika sigeru buku pop-up berbasis etnomatematika materi kubus dan balok. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 6(1), 31. https://doi.org/10.29100/jp2m.v6i1.1740

Johari, A., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 8. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3731

khairani, majidah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk Smp Kelas Ix. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 95–102. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak (Human Resource Development in Improving The Quality of Education at SD Negeri Inpres Angkasa Biak). Jurnal Office, 3(1), 43–50.

Mulyatiningsih, E. (2012). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Qomariyah, N. (2012). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Institusi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. In Jurnal Aplikasi Manajemen (Vol. 10, Issue 1, pp. 177–187).

Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Riduwan. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan RnD. Alfabeta.

Sutarjo, Ip. E., Arum, D. W., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium UNDIKSHA SINGARAJA Tahun Pelajaran 2013/2014. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Tegeh Made Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Ulfah Hamidatus Shofiah. (2020). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING DALAM MIFTAHUL HUDA Oleh : ULFAH HAMIDATUS SHOFIAH Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan NSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO. Metode Pembelajaran Daring, 7, 11–16.

Zainal, A. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.

Penulis

Rizal Hasan Hulqi
Moch. Bahak Udin By Arifin
bahak.udin@umsida.ac.id (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found