Pembelajaran Menulis Teks Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Melalui Pendekatan PAIKEM

Syamsul Ghufron (1), Ririn Imroatun Nafi’ah (2), Markub Markub (3), Nafiah Nafiah (4)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(2) SMP Negeri 2 Sugio, Lamongan, Indonesia,
(3) Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Indonesia,
(4) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya,, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Tujuan umum tersebut diperinci ke dalam beberapa tujuan khusus: (1) mendeskripsikan aktivitas guru, (2) mendeskripsikan aktivitas siswa, (3) mendeskripsikan respons siswa, dan (4) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Penelitian kualitatif dan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Data penelitian ini adalah (1) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, (3) respons siswa, dan (4) kompetensi siswa  dalam pembelajaran menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara melalui pendekatan PAIKEM. Data tersebut bersumber dari guru dan siswa kelas VII E SMP Negeri 3 Sugio, Lamongan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan angket dengan instrumen lembar observasi guru dan siswa, angket, dan soal tes hasil belajar. Data yang sudah terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan PAIKEM dapat menjadikan siswa memiliki keterampilan menulis teks narasi berdasarkan teks wawancara dengan kualifikasi baik. Simpulan ini dirumuskan berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas guru, aktivitas siswa, respons siswa, dan kompetensi siswa yang semuanya mencapai persentase 81% ke atas.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adidarmojo, G. W. (1993). Berbagai Masalah dalam Pengajaran Menulis. Suara Merdeka.

Alwasilah, C. A. (2005). Bangsa yang Besar Bangsa yang Menulis. Bandung: UPI.

Alwasilah Chaedar, A. (2003). Pokoknya Kualitatif. PT Pustaka Jaya, Jakarta.

Apriliani, T. S. (2013). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Tangram dengan Penerapan Model PAIKEM. Journal of Elementary Education, 2(2).

Aziez, F., & Alwasilah, A. C. (1996). Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. PT Remaja Rosdakarya.

Britton, J. N. (1984). Viewpoints: The distinction between participant and spectator role language in research and practice. Research in the Teaching of English, 320–331.

Habibah, U. (2013). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Model Paikem. Journal of Elementary Education, 2(2).

Hartati, T. (2013). Model Penilaian Holistik dalam Pembelajaran Mengarang Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 15(2).

Hidayah, N., Waluyo, J., & Hariani, S. A. (2015). Penerapan Pendekatan PAIKEM dengan Strategi PQ4R dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Pelajaran Biologi (Siswa Kelas XI IPA. 2 MAN Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2012/2013). Pancaran Pendidikan, 4(1), 141–152.

Ismail, S. M., & Ichwan, M. N. (2008). Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). RaSAIL Media Group.

Kurniawan, K. (2002). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berdasarkan Pendekatan Komunikatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 9 (4).

Metanfanuan, T. (2019). Penerapan PAIKEM dalam Proses Pembelajaran PAK untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMK Negeri 4 Kota Sorong Propinsi Papua Barat. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 83–98.

Romadiastri, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Metode Pembelajaran Matematika Dengan Paikem Berbasis Ict Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah (Mi). At-Taqaddum, 8(2), 210–222.

Sriasih, S. A. P. (2005). Perkembangan II Wacana Tulis Argumentatif Siswa Sekolah Dasar. Dalam Jurnal Linguistik Indonesia. Jakarta: MLI.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tiyono, A. Q. (2014). Penerapan Strategi PAIKEM Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Diagram Venn Kelas VII MTs Muhammadiyah Watulimo.

Yuniarti, S. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Petunjuk dengan Pendekatan PAIKEM melalui Media Permainan Origami pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Tanjungrejo Kudus. Universitas Negeri Semarang.

Zunaidi, S. (2019). implementasi model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan (paikem) pada mata pelajaran pendidikan agama islam di sman 1 jenangan tahun ajaran 2018-2019. IAIN PONOROGO.

Penulis

Syamsul Ghufron
syamsulghufron@unusa.ac.id (Kontak utama)
Ririn Imroatun Nafi’ah
Markub Markub
Nafiah Nafiah

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found