Pengembangan Media Handout Segitiga dengan Model Problem Based Instruction

Qurrotul Uyun (1), Iis Holisin (2), Febriana Kristanti (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan proses dan hasil handout segitiga dengan model PBI yang valid, praktis dan efektif. Proses penelitian pengembangan media handout ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari: (1) tahap pendefinisian, (2) tahap perancangan, (3) tahap pengembangan dan (4) tahap penyebaran. Penelitian ini dilakukan pada dua tahap, yaitu tahap uji coba pada kelas VII SMP Budi Sejati Surabaya dan tahap penyebaran pada SMP Muhammadiyah 6 Surabaya tahun ajaran 2015-2016. Hasil penelitian berupa data kuantitatif deskriptif yaitu, (1) handout dinyatakan layak untuk dipakai dengan perolehan nilai dari tiga validator 3,21 yang artinya valid, (2) handout dinyatakan praktis dengan kategori layak digunakan dengan sedikit revisi serta keterlaksanaan pembelajaran yang diperoleh uji coba 3,24 yang artinya sangat baik dan ditahap penyebaran diperoleh 2,29 yang artinya baik,  dan (3) handout dinyatakan efektif dengan respon peserta didik yang positif dan hasil belajar ketuntasan klasikal diperoleh 88,2% Pada tahap penyebaran diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 91,17%.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agus, Avianti Nuniek. 2008. Mudah Belajar Matematika untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembalajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Ghozali, M. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Instruction) pada Topik Lingkaran di Kelas VIII SMP. Surabaya: Tesis tidak dipublikasikan.

Holisin, Iis. 2002. Pembelajaran Pembagian Pecahan di SD dengan Menggunakan Pendekatan Konkrit dan Semikonkrit. Surabaya: Tesis tidak dipublikasikan.

Ibrahim, M., dan Nur, M., 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: University Press

Ismail, 2003. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Dit. Pendidikan Lanjutan Pertama.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

_________. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwarna. 2005. Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Tiara Wancana.

Penulis

Qurrotul Uyun
uyuend04@yahoo.co.id (Kontak utama)
Iis Holisin
Febriana Kristanti
Uyun, Q., Holisin, I., & Kristanti, F. (2017). Pengembangan Media Handout Segitiga dengan Model Problem Based Instruction. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 115–128. Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/546

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.