Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Accelerated Learning dengan Strategi Firing Line untuk Melatih Disposisi Matematis Siswa
Abstrak
Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) disesuaikan model accelerated learning dengan strategi firing line. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kevalidan RPP dan LKPD, 2) kepraktisan RPP dan LKPD, 3) keefektifan RPP dan LKPD, dan 4) disposisi matematis. RPP dan LKPD dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi fase analisis, fase perencanaan, fase pengembangan, fase penerapan, dan fase penilaian. Uji coba perangkat dilakukan pada tanggal 22 s.d 23 Agustus 2019 di MTsN 1 Kota Surabaya. Instrumen uji coba perangkat berupa lembar catatan lapangan, lembar angket validasi, lembar observasi dan lembar angket. Hasil analisis data berupa RPP dan LKPDdengan rata-rata secara berturut-turut 4,30 dan 4,31. RPP dan LKPD tergolong praktis dan mendapat nilai B (layak digunakan dengan sedikit revisi). Aktivitas siswa tergolong aktif,dengan rata-rata 89,58% pada pertemuan pertama dan rata-rata pertemuan kedua sebesar 93,50%, Selain itu, dilihat dari keterlaksanaan sintaksnya, kedua pertemuan memperoleh rata-rata sebesar 80% dan 84,71%. Selain itu, RPP dan LKPD yang dikembangkan tergolong efektif. Dengan demikian, disposisi matematis pada mayoritas siswa kelas VIII H MTsN 1 Kota Surabaya tergolong cukup baik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Cahyani, P. D. (2018). Implementasi model pembelajaran accelerated learning type MASTER untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fauziah, F., Winarti, E., & Kartono K. (2017). The effectiveness of SAVI learning in achieving communication ability and mathematical disposition for eighth grader, Unnes Journal of Mathematic Education, 6(1), 1-9.
Herawati, L. (2017). Peningkatan kemampuan koneksi matematik peserta didik menggunakan model problem based learning (PBL) dengan berbantuan software geogebra, Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 39-44.
Killpatrick, J., Swafford, & B. Findell. (2001). Adding it up: helping children learn mathematics. United States: The National Academies Press.
Muslim, A. P. (2016). Penerapan TAPPS disertai hypnoteaching (hypno-TAPPS) dalam meningkatkan disposisi matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 4(1), 1-16.
Naryaningsih, P. D. (2018). Pengembangan multiplayer game untuk melatihkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Nizaruddin, Muhtarom & Sugiyanti. (2017). Learning mathematics with traditional game “jirakâ€: impact on mathematics disposition and students’ achievement, International Conference on Mathematics: Education, Theory, and Application (ICMETA), Proceeding ICMETA, 1(1), 134-140.
Purwaningrum, J. P. (2016). Disposisi matematis siswa SD melalui model pembelajaran thinking aloud pairs problem solving. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 125-130.
Rahman, T. (2015). Pengaruh pembelajaran penemuan terbimbing terhadap peningkatan kemampuan penalaran, komunikasi, dan disposisi matematis siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Risti D., Putri. dkk. (2018). Hubungan disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII di SMP negeri 24 Jakartaâ€, Jurnal Pendidikan Matematika dalam Seminar Nasional 2018. 1. E-ISSN: 2477-4812.
Saputra, B. M. (2015). Penerapan model pembelajaran active learning tipe firing line untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII F SMP negeri 36 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Sari, S. L., Masykur, R., & Putra, R. W. Y. (2018). Penerapan strategi the firing line terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2), 229-236.
Sugandi, A. I. (2015). Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah serta disposisi matematis siswa SMA. Paper presented at Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, Yogyakarta.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.