Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan televisi edukasi (TVE) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi secara alamiah dan sudah berlangsung. Kelas yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII C. Dari hasil belajar menggunakan media TVE diperoleh ketuntasan lebih dari 75% pada setiap materi yang diberikan. Respon siswa menunjukkan bahwa media TVE mendapat respon yang baik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan media TVE sangat baik.
Full text article
References
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar teori, diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Martiningsih, Roro. 2007. Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan TVE. Teknodik. XI(21): 162-179.
Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Situmorang, Robinson. 2006. Media Televisi. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutirman, 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂÂ