Pembelajaran Matematika dengan Media Televisi Edukasi pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan televisi edukasi (TVE) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian ex post facto, untuk mengungkapkan fakta-fakta yang terjadi secara alamiah dan sudah berlangsung. Kelas yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VII C. Dari hasil belajar menggunakan media TVE diperoleh ketuntasan lebih dari 75% pada setiap materi yang diberikan. Respon siswa menunjukkan bahwa media TVE mendapat respon yang baik.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran menggunakan media TVE sangat baik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar teori, diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Martiningsih, Roro. 2007. Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Al Muslim Sidoarjo Sebelum dan Sesudah Pembelajaran dengan TVE. Teknodik. XI(21): 162-179.
Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Situmorang, Robinson. 2006. Media Televisi. Jakarta: Pustekkom Depdiknas.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutirman, 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.