Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Inquiry Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran pada Siswa Madrasah Tsanawiyah
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika dan respon siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatullah setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Guided Inquiry pada pokok bahasan Garis Singgung Lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIII MTs Syarif Hidayatulloh tahun ajaran 2014/2015. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode observasi, dan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan hasil tes evaluasi siswa sebesar 21,88%. Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek afektif yang mendapat kriteria aktif dan cukup aktif sebesar 3,12%. Peningkatan hasil aktivitas siswa aspek psikomotor yang mendapat kriteria terampil dan cukup terampil sebesar 25%. Selain itu hasil dari angket respon siswa sebesar 84,38% siswa dikategorikan sangat setuju dan setuju terhadap model pembelajaran kooperatfif tipe Guided Inquiry.
Artikel teks lengkap
Referensi
Arikunto, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamiyah, Nur dan Jauhar, Muhammad. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta
Kuhlthau, dkk . 2007. Guided Inquiry Learning in the 21st Century. (Online). Tersedia: http://www.mediafire.com/view/?yyq1u548pp9wb73. Diakses pada tanggal 12 Januari 2015
Lie, Anita. 2010. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Grasindo
Lindawati, Sri. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal (Online). Tersedia: http://ejournal.unri.ac.id/index.php/JP/article/download/997/990. Diakses pada tanggal 12 Januari 2015
Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya kelas VIII. Jakarta : Pusat perbukuan departemen pendidikan nasional Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Rawamangun-Jakarta: Kencana Perdana Media Group
Nurcholis. 2013. Implementasi Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Penarikan Kesimpulan Logika Matematika. Jurnal (Online). Vol. 01, No. 01. Tersedia:
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/download/1707/1124. Diakses pada 12 Januari 2015
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenda Media
Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.