Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Materi Perkalian di Kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya

Nurul Wachidah (1), Iis Holisin (2), Wudjud Soepeno Dihardjo (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar matematika siswa yang masih kurang dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes tulis bentuk multiple choise dan uraian, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar angket respon siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 75%. Aktivitas siswa dan guru berada dalam waktu ideal yang sudah ditentukan sebelumnya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan tingkat kemampuan guru yang baik. Respon siswa terhadap penerapan metode jarimatika menunjukkan respon positif. Oleh karena itu, metode jarimatika efektif digunakan dalam pembelajaran materi perkalian kelas 2 siswa MI Al-Mustofa Surabaya.

Full text article

Generated from XML file

References

Putra, Sitiatava Rizema. 2012. Berbagai Alat Bantu untuk Mempermudah Belajar Matematika. Jogjakarta: DIVA Press.

Slavin, Robert. E, 2006. Psikologi Pendidikan Teori & Praktik. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Authors

Nurul Wachidah
nurulwachidah2011@gmail.com (Primary Contact)
Iis Holisin
Wudjud Soepeno Dihardjo
Wachidah, N., Holisin, I., & Dihardjo, W. S. (2016). Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Materi Perkalian di Kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 234–244. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.242

Article Details

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.