Efektivitas Penerapan Metode Jarimatika dalam Pembelajaran Materi Perkalian di Kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai hasil belajar matematika siswa yang masih kurang dan belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 MI Al-Mustofa Surabaya yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes tulis bentuk multiple choise dan uraian, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, lembar angket respon siswa. Hasil Penelitian ini menunjukkan siswa yang tuntas belajar sebanyak 75%. Aktivitas siswa dan guru berada dalam waktu ideal yang sudah ditentukan sebelumnya. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan tingkat kemampuan guru yang baik. Respon siswa terhadap penerapan metode jarimatika menunjukkan respon positif. Oleh karena itu, metode jarimatika efektif digunakan dalam pembelajaran materi perkalian kelas 2 siswa MI Al-Mustofa Surabaya.
Artikel teks lengkap
Referensi
Putra, Sitiatava Rizema. 2012. Berbagai Alat Bantu untuk Mempermudah Belajar Matematika. Jogjakarta: DIVA Press.
Slavin, Robert. E, 2006. Psikologi Pendidikan Teori & Praktik. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Penulis
Â
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Â
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.