Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Kreatif dengan Media Hanger Play terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya

Noor Riyadi Hidayat (1), Shoffan Shoffa (2), Himmatul Mursyidah (3), Iis Holisin (4)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(4) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Belajar merupakan kegiatan penting bagi setiap orang. Sebuah survey memperlihatkan bahwa 82% anak-anak yang masuk sekolah pada usia 5-6 tahun memiliki citra diri positif tentang kemampuan belajar mereka sendiri. Namun angka tersebut turun drastis menjadi hanya 18% ketika usia mereka beranjak 16 tahun. Penyebab menurunnya kemampuan belajar ini adalah sikap malas, menggampangkan tugas, dan cara belajar siswa di rumah yang terlalu santai. Sama halnya ketika siswa belajar matematika. Diketahui konsep matematika pada umumnya bersifat abstrak sehingga sulit bagi siswa untuk dapat memahami materi dengan hanya mendengarkan penjelasan guru. Berdasarkan survey tersebut, digunakan pembelajaran permainan kreatif dengan menggunakan media Hanger Play sebagai alat bantu untuk menjadikan pembelajaran matematika lebih menarik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode permainan kreatif dengan media Hanger Play terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Karena penelitian ini berupaya mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode permainan kreatif dengan media Hanger Play terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Kemudian di kembangkan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan metode permainan kreatif dengan media Hanger Play terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa yang. Selain itu, dari hasil observasi diperoleh tingkat signifikan yang tinggi (siswa tertarik) terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode dan media tersebut.

Full text article

Generated from XML file

References

Antara, P. A. (2018). Stimulasi metode permainan kreatif berdesain creative movement dan budi pekerti dalam mengembangkan kemampuan spasial anak. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11

Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Biantoro, N. O. P. H., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional berdasarkan project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 89–102. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.5257

BNSP. (2006). Permendiknas RI no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Handini, A. (2014). Penerapan metode permainan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa (penelitian tindakan kelas di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.

Lestari, I. N. (2015). Pengaruh metode permainan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas II SD N Plebengan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nugraha, B. (2015). Permainan kreatif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3030

Rahmawanti, M. (2016). Penerapan metode bermain kreatif dalam pembelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhardi, S. (2015). Efektivitas penerapan model pembelajaran deep learning cycle (DELC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII MTs. DDI Parangsialla Kab. Jeneponto. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4341/

Suwaibah, D., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 4(2), 126–135.

Ula, M., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas pembelajaran dicovery learning dengan media komik pada pembelajaran garis dan sudut di SMP negeri 7 Surabaya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28.

Wuri, R. F. (2017). Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (worksheet) berbasis kontruktivisme pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V-B SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Authors

Noor Riyadi Hidayat
riyady01hidayat@gmail.com (Primary Contact)
Shoffan Shoffa
Himmatul Mursyidah
Iis Holisin
Hidayat, N. R., Shoffa, S., Mursyidah, H., & Holisin, I. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Kreatif dengan Media Hanger Play terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(1), 65–80. https://doi.org/10.30651/must.v6i1.8491

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.