Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Permainan Kreatif dengan Media Hanger Play terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 11 Surabaya
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Antara, P. A. (2018). Stimulasi metode permainan kreatif berdesain creative movement dan budi pekerti dalam mengembangkan kemampuan spasial anak. JPUD-Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 301–310. https://doi.org/10.21009/JPUD.122.11
Aunurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Biantoro, N. O. P. H., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh penilaian kinerja dan kecerdasan emosional berdasarkan project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar matematika siswa. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(2), 89–102. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.2.5257
BNSP. (2006). Permendiknas RI no. 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Handini, A. (2014). Penerapan metode permainan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa (penelitian tindakan kelas di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Juniarti, N., Bahari, Y., & Riva’ie, W. (2015). Faktor penyebab menurunnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(2), 1–11.
Lestari, I. N. (2015). Pengaruh metode permainan terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas II SD N Plebengan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraha, B. (2015). Permainan kreatif untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i1.3030
Rahmawanti, M. (2016). Penerapan metode bermain kreatif dalam pembelajaran matematika kelas III di MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhardi, S. (2015). Efektivitas penerapan model pembelajaran deep learning cycle (DELC) dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII MTs. DDI Parangsialla Kab. Jeneponto. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4341/
Suwaibah, D., Holisin, I., & Mursyidah, H. (2020). Pengaruh Pendekatan Mathematical Habits of Mind terhadap Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Matematics Paedagogic, 4(2), 126–135.
Ula, M., Kristanti, F., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas pembelajaran dicovery learning dengan media komik pada pembelajaran garis dan sudut di SMP negeri 7 Surabaya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 17–28.
Wuri, R. F. (2017). Pengaruh penggunaan lembar kerja siswa (worksheet) berbasis kontruktivisme pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas V-B SD Muhammadiyah 26 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.