Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Mnemonik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya
Abstrak
Artikel teks lengkap
Referensi
Alya, Qonita. 2009. Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pendidikan Dasar. Anggota IKAPI: PT Indah Jaya Adipratama
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asma, Nur. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Asmarani, Kartika. 2013. Efektifitas Metode Mnemonik Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Satu Atap Sluke Pada Mata Pelajaran Sejarah. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Degeng, S.Nyoman.2013. Ilmu Pembelajaran. Bandung: Kalam Hidup.
Dewanti, Reivani Ayuning. 2014. Penerapan Metode Mnemonik dengan Media Kartu Berpasangan Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 1 Arjasa Jember. Jember: Universitas Jember.
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Jogjakarta: Diva Press.
Fathurohman, Pupuh. dan M. Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Gordon, Barry dan Lisa Berger. 2006. Memori Inteligen. Erlangga.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, Ali. dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Komara, Endang. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.
Mahfudz, Rosa Safurah. 2010. Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 14 Surabaya. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan.
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi . Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, Robert E.S. 2006. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Macanan Jaya Cemerlang.
Solso, Robert L., Otto H.M., dan M. Kimberly.M. 2007. Psikologi Kognitif. Erlangga.
Stine, Jean Marie. 2003. Meningkatkan Daya Ingat Anda Dengan Menggunakan Seluruh Otak Anda. Jakarta: Gramedia.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito Bandung.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surya, Mohammad. 2012. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Uno, Hamzah B. 2010. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. 2006. Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.