Pendekatan Goal Programming untuk Rute Pengangkutan Sampah
Abstract
Saat ini masalah sampah telah menjadi masalah serius bagi semua lapisan masyarakat termasuk pemerintah daerah. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya produktivitas manusia, pertambahan jumlah penduduk, dan ketersediaan ruang hidup manusia yang terbatas. Meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan dari hari-kehari dapat menimbulkan permasalahan yang serius, karena sampah sering terjadi tanpa disadari oleh penduduknya sendiri. Satu masalah dalam pengelolaan sampah adalah masalah pengangkutan sampah dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Tujuan penelitian ini adalah mengoptimalkan rute pengangkutan sampah di Kota Gorontalo. Dalam penelitian, digunakan pendekatan Goal Programming untuk memformulasikan model dan mengoptimalkan rute dengan memperhatikan biaya, waktu, jarak, serta banyaknya pelanggan yang dapat terlayani. Hasil penelitian menunjukan bahwa rute pengangkutan sampah dapat dioptimalkan dengan pendekatan Goal Programming. Adapun rute optimal dari masing-masing komponen yaitu biaya, waktu, jarak, serta banyaknya pelanggan yang dapat terlayani diperoleh hasil yaitu: 16 rute dengan 131 node, total biaya bahan bakar keseluruhan kendaraan Rp. 1.648.000, yang membutuhkan waktu 128 jam per hari. Setelah menggunakan Goal Programming, node yang dapat dikunjungi sebanyak 127 node dengan total biaya bahan bakar minimum sebesar 22,10% per hari dengan waktu tempuh perjalanan 11 jam dan total jarak tempuh keseluruhan kendaraan 240,43 KM.
Full text article
References
Calvete, H. I., Gale, C., Oliveros, M. J., & Sanchez-Valverde, B. (2007). A goal programming approach to vehicle routing problems with soft time windows. European Journal of Operational Research, 177(3), 1720–1733.
Dimyati, T. T., & Dimyati, A. (2018). Operation research: model-model pengambilan keputusan. Bandung: Sinar Baru Argensindo.
Fajriansyach. (2018). Bayar TPA hingga Rp 1 miliar, perhari sampah kota capai 73 ton. Retrieved January 9, 2019, from https://hargo.co.id/berita/bayar-tpa-hingga-rp-1-miliar-perhari-sampah-kota-capai-73-ton.html
Fauziyah, F. (2016). Penerapan metode goal programming untuk mengoptimalkan beberapa tujuan pada perusahaan dengan kendala jam kerja, permintaan dan bahan baku. Jurnal Matematika MANTIK, 2(1), 52–59.
Fisher, M. (1995). Vehicle routing. In Operations research and management science (pp. 1–33). Elsevier.
Hasan, Z. (2013). Optimasi rute armada kebersihan kota Gorontalo menggunakan ant colony optimization. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.
Hong, S. C., & Park, Y. B. (1999). A heuristic for bi-objective vehicle routing with time window constraints. International Journal of Production Economics, 62(3), 249–258.
Manaqib, M., & Pantoro, R. D. (2018). Optimasi rute perjalanan bus pariwisata menggunakan multi-objective vehicle routing problem with times windows dengan pendekatan goal programming. Jurnal Matematika LOGIK@, 8(1), 1–10.
Mulyono, S. (2007). Riset operasi, edisi revisi. Jakarta: LPFUI.
Nallusamy, R., Duraiswamy, K., Dhanalaksmi, & Parthiban, P. (2009). Optimization of multiple vehicle routing problems using approximation algorithms. International Journal of Engineering Science and Technology, 1(3), 129–135.
Rahmawati, V. E., Subchan, S., & Mudjiati, T. (2017). Pendekatan goal programming untuk kendaraan pada kegiatan distribusi. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.12962/j1829605X.v9i1.2120
Siswanto. (2006). Operation research (jilid 1). Bogor: Erlangga.
Toth, P., & Vigo, D. (2002). The vehicle routing problem. Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics.
Authors
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ