Penggunaan Media Stem-Linktree Dengan Soal Cerita Terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media
STEM-Linktree dengan soal cerita terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Maryam Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian menggunakan One Group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Maryam Surabaya. Sampel dipilih menggunakan random sampling dikarenakan latar belakang akademis homogen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan pretest, posttest, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah N-gain, One Sample T Test, dan Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa One Sample T Test diperoleh t_tabel=1,729 < t_hitung=14,295; maka H1 diterima, H0 ditolak. Hasil serupa dari Paired Sample T Test diperoleh nilai t_tabel=1,729 < t_hitung=14,163; maka H0 ditolak. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media STEM-Linktree dengan soal cerita terhadap hasil belajar siswa. Respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menerapkan media STEM-Linktree dengan soal cerita adalah positif dalam kategori baik sekali dengan rata-rata 83,5%.
Artikel teks lengkap
Referensi
Amalia, Tria., & Suryaningtyas, Wahyuni. (2023). Effectiveness Implementation of Gagne's Learning Theory with Combination Problem-Solving Approach to Ability Think Critical Student. Mathematics Education Journal Vol. 7 No. 1.
https://ejournal.umm.ac.id/index.php/MEJ/article/view/24117.
https://doi.org/10.22219/mej.v7i1.24117.
Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A., Mubarok, Sitompul, H. S., Manik, Y. M., Suparto, Arfin, I., jumini, S., Nurhab, M. I., Solehudin, Widiyastuti, N. E., & Laturmas, Y. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). In Journal on Teacher Education (Vol. 4, Issue 2).
Demirbilek, M., & Keser, S. (2022). Leadership Expectations of Generation Z Teachers Working in Educational Organizations. Research in Educational Administration and Leadership, 7(1).
Efriyanti, L., & Annas, F. (2020). Aplikasi Mobile Learning Sebagai Sarana Pembelajaran Abad 21 bagi Pendidik dan Peserta Didik di era Revolusi Industri 4.0. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 5(1). https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.3132
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).
Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi Pendidik Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung (Vol. 3).
Herlina, L., & Kusnadi, U. (2023). Efektivitas Pembelajaran Stem Dengan Media Stronger Bridge Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Khazanah Pendidikan, 17(2), 9–13.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Khasanah, U., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). file:///C:/Users/hp%20ath/Downloads/admin,+100.+USWATUN+KHASANAH,+HERINA.pdf
Masykur, & Solekhah, S. (2021). Tafsir Qur’an Surah Al-‘Alaq Ayat 1 Sampai 5 (Perspektif Ilmu Pendidikan). Jurnal Studi Keislaman, 2(2).
Nasution, N. A. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Blended Learning melalui Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) di SMK Sandhy Putra – 2 Medan. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.24114/jfi.v3i2.40691
Ode Muhamad Ikbal, L., Halima, H., & Arfin, A. (2022). Analisis Layanan Administrasi Kesiswaan Di SMP Negeri 3 Parigi Kabupaten Muna. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 2(1). https://doi.org/10.51454/jpp.v2i1.73
OECD. (2023). PISA 2022 Results Factsheets Indonesia. The Language of Science Education, 1.
Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., Kusuma, A., & Darmadi, D. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220
Rahayu, E., Akib, I., Rukli, R., & S, M. I. (2023). Implementasi Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) Berbantuan Media Pembelajaran Interaktif Vlog di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1887
Rahma, S. M., Zuhri, M. S., & Prayito, M. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 05(02), 115–128.
Raisha, M. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web menggunakan Linktree pada materi sistem saraf.
Rasul, A., & Sonda, R. (2022). Statistika Pendidikan Matematika. CV Kreator Cerdas Indonesia.
Renova, A., & Idrus, A. (2022). Linktree Sebagai Multimedia Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Konsep Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). 15(2), 101–115.
Rohmah, N. S., Suryaningtyas, W. ., & Holisin, I. (2023). Implementation of the STEM-GeoGebra Integrated PjBL Model to Improve Student’s Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 123–134. https://doi.org/10.36709/jpm.v14i2.83.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Sari, F. A., & Juandi, D. (2022). Analysis of Senior High School Mathematics Teachers’ Perception of The Application of STEM-Based Learning. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.36522
Suryaningtyas, Wahyuni & Kristanti, Febriana. (2023). Klasifikasi Kriteria Kemampuan Siswa Untuk Heterogenitas Kelompok Belajar Menggunakan Agglomerative Hierarchical Cluster Analysis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 12(1).
https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/15920.
http://orcid.org/0000-0003-3904-1363
Tarjo. (2019). Metode Penelitian Sistem 3x Baca - Google Books. In Deepublish.
Untari, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Time Token Arends terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(1). https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i1.2460
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Penulis
Hak Cipta (c) 2024 Wahyuni Suryaningtyas, Nabila Sailal Farah, Febriana Kristanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.