Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan PMRI pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Waru
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku ajar dengan pendekatan PMRI pada materi prisma dan limas kelas VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Proses penelitian pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Penilaian buku ajar dilakukan oleh tiga validator.Hasil penelitian diperoleh rata-rata total validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian materi sebesar 4,06 dalam kategori sangat valid. Penilaian secara umum dari ketiga validator adalah kategori B yang berarti buku ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 28 siswa dari 33 siswa dinyatakan tuntas, sehingga persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,84%. Respon siswa terhadap buku ajar dalam kategori positif karena persentasenya sebesar 88,692% dalam kategori sangat kuat. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa buku ajar dengan pendekatan PMRI dinyatakan layak.
Â
Artikel teks lengkap
Referensi
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Halimah, Walidatul. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Teori Belajar Dienes dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Untuk Kelas III SD. Surabaya: Skripsi tidak dipublikasikan.
Joko, Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sadiman, Arif, dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada
Penulis
Penulis yang menerbitkan artikel di Jurnal MUST menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal MUST dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam Jurnal MUST.
Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal MUST.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misal dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.