Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan PMRI pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Waru

Arif Taufikkurahman (1)
(1) Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan buku ajar dengan pendekatan PMRI pada materi prisma dan limas kelas VIII berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Proses penelitian pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari lima fase, yaitu: (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Penilaian buku ajar dilakukan oleh tiga validator.Hasil penelitian diperoleh rata-rata total validasi dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian materi sebesar 4,06 dalam kategori sangat valid. Penilaian secara umum dari ketiga validator adalah kategori B yang berarti buku ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. Berdasarkan tes hasil belajar sebanyak 28 siswa dari 33 siswa dinyatakan tuntas, sehingga persentase ketuntasan secara klasikal sebesar 84,84%. Respon siswa terhadap buku ajar dalam kategori positif karena persentasenya sebesar 88,692% dalam kategori sangat kuat. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa buku ajar dengan pendekatan PMRI dinyatakan layak.

 

Full text article

Generated from XML file

References

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas

Halimah, Walidatul. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Teori Belajar Dienes dengan Model Pembelajaran Kooperatif pada Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Untuk Kelas III SD. Surabaya: Skripsi tidak dipublikasikan.

Joko, Muhammad. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sadiman, Arif, dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Gradindo Persada

Authors

Arif Taufikkurahman
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Taufikkurahman, A. (2016). Pengembangan Buku Ajar dengan Pendekatan PMRI pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII SMP Negeri 1 Waru. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/203

Article Details

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.