Analisis Perbandingan Pengiriman Barang Menggunakan Metode North West Corner dan Least Cost (Studi Kasus : PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya)

Sheila Maulidyna Yusanti (1), Wudjud Soepeno Dihardjo (2), shoffan shoffa (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Pengiriman barang di PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya tidak memperhitungkan masalah transportasi yang ditinjau dari jarak dan beban akomoditas pengiriman hasil produksinya ke beberapa tempat tujuan dengan menggunakan metode transportasi, melainkan PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya masih menggunakan hitungan berdasarkan arah jalur pengiriman yang dapat ditempuh searah oleh staff pengiriman. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyelesaian pengiriman barang menggunakan metode North West Corner dan Least Cost. Penelitian ini dilakukan di PT. Coca Cola Amatil Indonesia, Rungkut-Surabaya dengan subjek hasil produksi dari PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya dan objek adalah tempat tujuan distribusi hasil produksi dari PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena data hasil penelitian lebih berkenaan dengan interprestasi terhadap data yang ditemukan di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari studi kepustakaan wawancara dan observasi. Kemudian data dianalisis dengan mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Dengan adanya pengaplikasiaan metode North West Corner dan Least Cost pada pengiriman barang hasil produksi PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya, akan membantu pihak perusahaan khususnya bagian pengiriman barang dalam menentukkan rute pengiriman barang karena dengan menggunakan metode North West Corner dan Least Cost tersebut dapat menghitung biaya transportasi yang paling rendah dari satu gudang penyimpanan (depo) menuju ke tempat tujuan. Selain itu, diantara kedua metode yang digunakan dalam penelitian ini perhitungan dengan menggunakan metode Least Cost akan lebih tepat karena perhitungan pada metode tersebut didasarkan pada biaya terendah dari jumlah beban pada setiap perjalanan dari satu penyimpanan barang (depo) menuju ke tempat tujuan.

Full text article

Generated from XML file

References

Dumairy. Matematika Terapan Untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi kedua, Penerbit : BPFE-YOGYAKARTA, Yogyakarta 2012.

Miptahudin.Analisis Perbandingan Pengiriman Barang dengan Menggunakan Metode Transportasi (Studi Kasus: PT. ARTA BOGA, Jakarta Barat). Jakarta: Universitas Negeri Jakarata, 2010.

Subagyo, Pangestu. Dasar-Dasar Operation Research, Yogyakarta: BFE-Yogyakarta, 1985.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Suryaningtyas, Wahyuni. Riset Operasi, Surabaya. Penerbit: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah, 2009.

Authors

Sheila Maulidyna Yusanti
sheilamaulidyna@gmail.com (Primary Contact)
Wudjud Soepeno Dihardjo
shoffan shoffa
Yusanti, S. M., Dihardjo, W. S., & shoffa, shoffan. (2016). Analisis Perbandingan Pengiriman Barang Menggunakan Metode North West Corner dan Least Cost (Studi Kasus : PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya). MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.30651/must.v2i1.243

Article Details

Most read articles by the same author(s)