Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Shoffan Shoffa (1), Endang Suprapti (2)
(1) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), Indonesia,
(2) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya), Indonesia

Abstract

Berdasarkan hasil evaluasi pada Mata kuliah metode numerik, hasil belajar mahasiswa mahasiswa pendidikan matematika, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya  dari 20 mahasiswa telihat bahwa bahwa hasil belajar  4 peserta didik atau 22,2 % tuntas belajar dan masih ada 14 peserta didik atau 78,2 tidak tuntas belajar dengan rata-rata nilai 44,87. Berdasarkan pendapat peserta didik menyatakan perkuliahan mata kuliah metode Numerik dikarenakan  materi kuliah termasuk baru dan mempunyai tingkat kesulitan tinggi, sistem perkuliahan menggunakan pembelajaran langsung menyebabkan peserta didik merasa bosan dan cenderung menganggap materi ini sangat sulit, dan refensi bahan ajar baik online maupun hard copy belum mendukung sepenuhnya untuk metode numeric bidang matematika. Dengan demikian perlu model pembelajaran selain pembelajaran langsung yang digunakan agar peserta didik tidak bosan dan tidak merasa sulit.  Dalam hal ini peneliti menggunakan model pembelajaran “Kooperatif tipe Jigsaw†dengan harapan peserta didik bisa bekerjasama dengan anggotanya untuk menemukan pemecahan persoalan sehingga ada interaksi antar peserta didik yang menjadikan pembelajaran menjadi aktif pada peserta didiknya. Model pembelajaran kooperatif lebih ditekankan pada peserta didik yang aktif sehingga diharapkan siswa tidak merasa bosan dan jenuh saat proses pembelajaran. Dan yang paling penting pembelajaran ini diharapkan bisa bermakna pada mahasiswa. Selain itu juga bisa menumbuhkan sikap tanggung jawab pada diri masing-masing mahasiswa. sehingga timbul motivasi belajar yang akan mempengaruhi hasil belajar mahasiswa

Full text article

Generated from XML file

References

Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Depdiknas. 2008. Perangkat Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lewis, Catherine C, 2002, Lesson Study : A Handbook of Teacher-Led Instructional Change, Philadelphia, PA : research for better Schools,Inc.

Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, konsep, karakteristik dan implementasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Prastowo, Adi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Ratumanan, Tanwey G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: UNESA University ress.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Authors

Shoffan Shoffa
shoffanshoffa@gmail.com (Primary Contact)
Endang Suprapti
Shoffa, S., & Suprapti, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(2), 178–188. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/matematika/article/view/736

Article Details

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>