PENGARUH ASPEK MORALITAS SISWA DI DALAM MEMBANGUN PERKEMBANGAN JATIDIRI(STUDI FENOMENOLOGI)

Ali Taufik (1), Tatang Apendi (2)
(1) Univertsitas KutaiKartanegara, Indonesia,
(2) Universitas KutaiKartanegara, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berawal dari  fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita dimana semakin banyak anak remaja kita atau siswa kita terjerumus ke dalam hubungan sosial yang merugikan masa depan mereka, banyak dari mereka sering tertipu oleh perilaku mereka yang baik dan sopan dan dalam berkomunikasi selalu sopan santun. Dalam penelitian ini penulis mencoba menggali, menelaah dan mengkaji baik secara teoritis maupun empiris, dengan menggunakan analisis ilmiah yaitu kualitatif dengan kajian fenomenologi kemudian dalam pendekatan ini peneliti menggunakan media wawancara/dialog bagi partisipan atau informan, dokumentasi, dan analisis naratif, untuk mendapatkan hasil penelitian ini. Dan penelitian ini dilakukan di tempat tinggal peneliti sendiri, sehingga peneliti telah cukup lama mengenal informan atau peserta yang menjadi sumber penelitian. Hasil yang dicapai dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif bagi orang tua/guru dalam menyikapi perilaku anak atau siswa, sehingga dapat menjadi lebih baik lagi.

 

This research begins with a phenomenon that occurs in our lives where more and more our teenagers or our students fall into social relationships that are detrimental to their future, many of them are often deceived by their good and polite behavior and in communicating always polite. In this study the author tries to explore, examine and examine both theoretically and empirically, using scientific analysis, namely qualitative with phenomenological studies, then in this approach the researcher uses interview/dialogue media for participants or informants, documentation, and narrative analysis, to obtain research results. this. And this research was conducted in the researcher's own residence, so that the researcher has known the informants/participants who are the sources of research for a long time. The results achieved from this research can make a positive contribution to parents or eachers in responding to the behavior of children or students, so that they can become even better. 

Referensi

Read More

Penulis

Ali Taufik
taufikkartanegara@gmail.com (Kontak utama)
Tatang Apendi
Biografi Penulis

Ali Taufik, Univertsitas KutaiKartanegara

Dosen pada FKIP univ KutaiKartaenagara,

Tatang Apendi, Universitas KutaiKartanegara

Dosen FKIP pada Univ KutaiKartanegara

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found