Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Gaya Kognitif
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel berdasarkan teori Polya yang ditinjau dari gaya kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F, VII G dan VII H SMPN 1 Rangkasbitung dengan mengambil 5 siswa sebagai subjek penelitian, yakni subjek SFI 1, SFI 2 dan SFI 3 dengan gaya kognitif field independent serta SFD 1 dan SFD 2 dengan gaya kognitif field dependent. Hasil dari penelitian ini, siswa dengan gaya kognitif field independent maupun siswa dengan gaya kognitif field dependent sama-sama melakukan kesalahan terhadap 4 tahapan Polya, yaitu tahap memahami masalah, tahap menyusun rencana, tahap melaksanakan rencana, dan juga tahap memeriksa kembali. Namun yang membedakan yaitu, siswa dengan gaya kognitif field independent memiliki pemahaman yang lebih dalam, karena mereka hanya kurang teliti untuk melakukan kesalahan, sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent kurang memahami konsep, sehingga mereka banyak melakukan kesalahan. Penyebab kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa yaitu tidak memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakannya. Sehingga, mereka tidak tahu dimana letak kesalahan yang mereka lakukan.
Artikel teks lengkap
Referensi
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Doren, A. P. N., & Farida, N. 2019. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.
Fitriani, A. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i1.957.
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018, February). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Polya, G. (1973). How to Solve it : A New Aspect Mathematical Method. New Jarsey, USA: Pricenton University Press.
Pratiwi, S. A., & Ariyanto, M. P. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel Berdasarkan Teori Polya Kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71876
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).
Rofi'ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379.
Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sulistyorini, Y., Argarini, D. F., & Yazidah, N. I. (2018). Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah Kombinatorika Ditinjau dari Gaya Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1),114-123. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1360
Witkin, dkk. 1971. A Manual For The Embedded Figure Test. California: Consulting Psychologist Press.
Witkin, H., Moore, C., Goodenough, D., & Cox, P. (1977). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. Review of Educational Research, 47(1), 1-64. Retrieved February 20, 2021, from http://www.jstor.org/stable/1169967
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.