Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Dimoderasi Budaya Kerja Sekolah

Siti Rodhiyah (1), Mohammad Fauzan (2)
(1) SMAN Wiradesa Kab. Pekalongan, Indonesia,
(2) Universitas Stikubank Semarang

Abstrak

Penelitian bertujuan menguji dan melakukan analisis (1) pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru, (2) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) pengaruh budaya kerja sekolah terhadap kinerja guru, dan (4) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja, serta (5) mengetahui apakah budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.
Penelitian merupakan jenis penelitian penjelasan. Populasi adalah seluruh guru pengajar di SMA Negeri, Kabupaten Pekalongan, yang berjumlah 11 sekolah dengan jumlah guru sebanyak 400 orang dan sampel penelitian sebanyak 96 orang guru (20-25 % dari total populasi). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak berkelompok secara proporsional. Pengumpulan data diperoleh langsung dari responden melalui angket online (googleform).
Hasil temuan penelitian menunjukkan (1) kompetensi pedagogik memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (2) motivasi kerja memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (3) budaya kerja sekolah memiliki pengaruh positif terhadap kinerja guru (4) budaya kerja sekolah tidak memoderasi pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru (5) budaya kerja sekolah memperkuat pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Akhtar, J.H & Iqbal, I. 2017. Impact of Motivation on Teachers’ Job Performance: A Case Study of a Public Sector University; Journal of Educational Sciences & Research Spring 2017, Volume 4 No.1 http://uos.edu.pk/Journals

Ardiana, T.E. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi SMK di Kota Madiun. ISSN : 1412-629X; Jurnal Akuntansi Dan Pajak, Vol. 17, NO. 02.

Arif, M. 2019. Hubungan Budaya Akademik dan Budaya Organisasi dengan Kinerja Guru (Studi pada Sekolah Islam Al-Azhar Bumi Serpong Damai); TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Vol. 3, no. 1, Bengkulu p-ISSN 2580-3581;

Danasasmita, W.M. 2017. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship Vol. 12, No. 1, ISSN 2443-0633

Direktorat Pembinaan SMA, 2018 . Budaya Kerja, Direktorat PSMA. Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,

Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hanafi, A. et al (2018), Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Serta Motivasi kerja Terhadap Kinerja Karyawan; Jurnal Dimensi, VOL. 7, NO. 2 : 406-422; ISSN: 2085-9996

Herzberg, F. 1967. Et.al .1967. The Motivation to Work. John Wiley&Sons,Inc

Hsu, C.H., and Bell, C. R., Cheng, K.M., 2012. Transformational Leadership and Organizational Effectiveness in Recreational Sport/Fitness Programs. The Sport Journal by The United State Academy America’s Sport University. Vol. 15,

Kartini, Dewi. 2019. Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru; Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister.https://ejournal.Uksw.edu/ kelola/article/view/2276

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. TataNilai Budaya Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan .

Mathis, R. L., Jackson, J. H., 2011. Human Resources Management: Essential Perspective. Cengage Brain.com

Meindinyo R. 2017. Influence Of Motivation On Teachers Performance In A Local Government Area In Nigeria; IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS); Volume 22, Issue 5, Ver. 3

Nawawi, H., 2003. Perencanaan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Nyakundi, G.M. Dkk. 2020. Influence of Competence on Performance of Teachers in Public Secondary Schools in Kisii County-Kenya. Journal of Education and Practice www.iiste.org ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.11, No.3.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. 2005. Jakarta

Putra, C. A. A., dkk .2017. Hubungan Motivasi Berprestasi, Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Etos Kerja dengan Kinerja Guru; Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, Vol 1(1),

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, 2005. Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Robbins, S.P., and Judge, T.A., 2009. Organizational Behavior. Pearson Education International, Prentice Hall, Upper Saddle, New Jersey, 07458.

Sugiharjo, J. 2019. The Influence of Competence and Motivation Toward Employee Performance. Journal of Resources Development and Management www.iiste.org

Yusdi, A. & Yamin, M . 2017. Relationships Between Lecturer Performance, Organizational Culture, Leadership, and Achievement Motivation; Foresight and STI Governance, vol. 11, no 2, . DOI: 10.17323/2500-2597.2017.2.92.97

Penulis

Siti Rodhiyah
sitirodhiyah39@guru.sma.belajar.id (Kontak utama)
Mohammad Fauzan

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found