FKIP UMSurabaya

Perilaku Anti Sosial Anak Usia 5-6 Tahun dan Cara Guru Menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan

Jami Nur Aisyah Rambe, Nasriah Nasriah

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi perilaku antisosial anak usia dini 5-6 Tahun dan cara guru menangani di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Perdagangan TA. 2020/2021. Jenis penelitiann adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang sedang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata. Subjek dari penelitian ini adalah kelas B Al-Ikhlas  yang berjumlah 22 anak dan jumlah subjek yang akan di teliti adalah 10 orang anak. Data lapaangan diambil melalui observasi dan wawancara secara mendalam serta dukungan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku antisosial di TK Aisyiyah Bustnaul Athfal Perdagangan yang berdominan muncul pada anak adalah mencubit, memukul, menyendiri, dan menyuruh. Faktor yang mendorong perilaku antisosial anak adalah faktor lingkungan sekitarnya, pola asuh orangtua, dan  teman sebayanya. Penanganan guru adalah memberikan contoh yang baik, menegur jika anak tersebut salah, memberikan nasehat yang baik, dan memberikan hukuman dan reward pada anak tersebut.

Kata Kunci

anak usia dini, perilaku anti sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anisa, N., Rahmawati, A., & Matsuri, &. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Perilaku Antisosial Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Eka Puri Mandiri Munahan Banjarmasi Surakarta. Jurnal Anak Usia Dini, 1-8.

Rahayu, A. P. (2017). Perilaku Anti Sosial Anak Jalanan Anak Usia Dini Di Kota Surabaya. Jurnal Anak Usia Dini, 261- 272.

Rahmat. (2009). Ilmu Perilaku Manusia. Jakarta: Trans Info Media.

Supraktiknya. (2012). Mengenal Perilaku Abnormal. . Yogyakarta: Kanisius.

Tola, Y. P. (2018). Perilaku Agresif Aud Di Lihat Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Buah Hati, 1-13.

Tri A., F. L. (2016). Perilaku Sosial Anak Usia Dini Di Lingkungan Lokalisasi Guyangan. Jurnal Pg-Paud Trunojoyo, 28-38.

Wiramiharja, S. (2012). Pengatur Psikologi Klinis. Bandung: Refika Aditama.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v21i2.7506

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.