Pengaruh Iklim Sekolah Terhadap Kedisiplinan dan Kreativitas Siswa (Studi Kasus di SMP Al-Amanah Kelas VII Cinunuk Bandung)

Rais Haizh Iftikar (1), Jaja Jahari (2), Mohammad Sulhan (3)
(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia,
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia,
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstrak

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di kelas 7 SMP Al-Amanah Cinunuk Kabupaten Bandung , ternyata terdapat masalah berkenaan dengan kedisiplinan dan kreativitas siswa, yaitu masih rendahnya siswa dalam mentaati peraturan-peraturan sekolah dan kurangnya kreativitas siswa dalam proses kegiatan pembelajaran di sekolah. Padahal secara teoritis, kedisiplinan dan kreativitas sangat diperlukan dalam meningkatkan suatu kehidupan yang teratur dan meningkatkan prestasi dalam belajar karena sifatnya yang mengatur dan mendidik siswa untuk belajar dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa, untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas siswa, dan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan dan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif dengan berlandaskan pada filsafat positivisme. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan siswa sebesar 49,6%. Sedangkan pengaruh iklim sekolah terhadap kreativitas siswa sebesar 25,3%. Dan pengaruh iklim sekolah terhadap kedisiplinan dan kreativitas sebesar 51,7%.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aini, Nabila Qurrotu. 2016. Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar di Sekolah Alam Bandung Universitas Pendidikan Indonesia, (repository.upi.edu.perpustakaan, 2016)

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mutmainah. 2017. Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah dan Sekolah Efektif, dalam Jurnal Administrasi Pendidikan (Vol.XXIV No.1 April.2017).

Purwanto, Ngalim. 2002. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Putra, Satria Dharma. 2018. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol.1 No.2 Januari 2018, 71-77.

Saputra, Uhar Suhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alabeta.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian, Yogyakarta: Teras.

Trihendradi, C. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 (Jakarta: Fokus Media, 2003).

Penulis

Rais Haizh Iftikar
miftahrais81@gmail.com (Kontak utama)
Jaja Jahari
Mohammad Sulhan
Biografi Penulis

Rais Haizh Iftikar, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Sd Sedunia (Guru)

Rincian Artikel

No Related Submission Found