Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Dalam Pembelajaran E-Learning Bagi Guru Selama Pandemi Covid-19

Tri Hanung Widiyarso (1), Sutama Sutama (2)
(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia,
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstrak

Pandemi Covid-19 membuat pembelajaran di Indonesia berubah secara total. Adanya kebijakan untuk selalu jaga jarak dan menghindari kontak langsung antara guru dan siswa membuat guru menjadi lebih kreatif dalam menggunakan aplikasi software kelas virtual. Kelas virtual adalah kelas E-Learning  yang memfasilitasi antar pengguna untuk berkomunikasi, melihat presentasi atau video, berinteraksi dengan peserta lain, baik secara individu maupun berkelompok. Salah satu apikasi yang digunakan adalah adalah Microsoft TEAMS. Penulis menyajikan data-data empiris hasil survey dan observasi langsung yang menggambarkan Pemahaman dan kesiapan guru dalam menggunakan Microsoft TEAMS, alasan menggunakan Microsoft TEAMS, dan faktor penghambat dalam penggunaannya di sekolah. Analisis hasil kuesioner menunjukkan bahwa penelitian ini dapat efektif dalam memahami dan mengevaluasi persepsi guru untuk memastikan pengajaran dan pembelajaran yang berkualitas melalui Microsoft TEAMS.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Allen, Michael. 2013. Michael Allen’s Guide to E-learning. Canada : John Wiley & Sons.

Ardiansyah, Ivan. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi dalam Diskusi Menggunakan Moddle pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Indonesia.

Arsyad, Azhar. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Borba, M. C., Askar, P., Engelbrecht, J., Gadanidis, G., Llinares, S., & Aguilar, M. S. (2016). Blended learning, e-learning and mobile learning in mathematics education. ZDM, 48(5), 589–610. https://doi.org/10.1007/s11858-016-0798-4

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Chehayeb, A. (2015). New in Classroom: saving time while grading. Retrieved from googleforeducation.blogspot.com

Christensson, P. (2019). Bot Definition. [online] Techterms.com. Available at: https://techterms.com/definition/bot [Accessed 18 March 2019].

Dillenbourg, P. (1999). Collaborative Learning: Cognitive and Computational Approaches. Advances in Learning and Instruction Series. New York, NY: Elsevier Science, Inc.

Janzen, M. (2014) Hot Team :Microsoft teams. Retrieved from tlt.psu.edu/2014/12/04/hot-team-google- classroom

Martin, F and Parker, M. A. (2014). Use of Synchronous Virtual Classrooms: Why, Who,and How? MERLOT Journal of E-LEARNING Learning and Teaching Vol. 10, No. 2, June 2014 p 192-210

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (2013).

Microsoft Teams. Dikutip 10 Juli 2019 dari Microsoft. https://www.microsoft.com/en- us/education/products/teams

Nichols, M. (2008). E-Learning in context.Auckland: Laidlaw College.

Techterms.com. (2019). App Definition. [online] Available at: https://techterms.com/definition/app [Accessed 18 March 2019].

Xanthoula, A. (2015). Collaborative Virtual Classroom: A perspective view of a Collabortaive Virtual Classrooom via Google App Engine, TEL-Crete Dept. App. Inf. & Multimedia ppt.

Penulis

Tri Hanung Widiyarso
trihanung45@gmail.com (Kontak utama)
Sutama Sutama
Biografi Penulis

Tri Hanung Widiyarso, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mahasiswa

Sutama Sutama, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found