MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS DARING BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Nafiah Nafiah (1), Syamsul Ghufron (2), Mohammad Kurjum (3)
(1) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(2) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya, Indonesia,
(3) UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen pembelajaran berbasis online bagi guru sekolah dasar di tengah pandemi covid 19 di Indonesia ditinjau dari perencanaan pembelajaran, organisasi pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, mobilisasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan teknik survei. Populasi penelitian adalah 565 guru SD di 34 kabupaten/kota di Indonesia dengan sampel 427 guru yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan kepada guru sekolah dasar secara online. Teknik analisis data dilakukan dengan mencari nilai persentase dan menyajikannya dalam bentuk diagram batang dengan bantuan program SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran berbasis online untuk guru sekolah dasar di tengah pandemi covid 19 pandemi di Indonesia belum dilaksanakan secara optimal. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil analisis data dimana persentase kriteria ideal untuk setiap komponen belum mencapai 50%. Pada komponen perencanaan pembelajaran, guru yang selalu membuat rencana adalah 47%. Guru yang selalu menyelenggarakan pembelajaran online sebanyak 30,46%. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh guru dalam pembelajaran online adalah WhatsApp sebanyak 25,1%. Pergerakan pembelajaran online selalu hanya dilakukan oleh 40,55% guru. Guru yang selalu mengawasi hanya 33,76%.

 Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran Online, Guru SD, Pandemi Covid 19

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze online-based learning management for elementary school teachers in the midst of the covid 19 pandemic in Indonesia in terms of lesson planning, learning organization, learning implementation, learning mobilization, and learning evaluation. The research was conducted quantitatively with survey techniques. The study population was 565 elementary school teachers in 34 districts/cities in Indonesia with a sample of 427 teachers who were randomly selected. Data were collected by means of a questionnaire distributed to primary school teachers online. The data analysis technique was carried out by finding the percentage value and presenting it in the form of a bar chart with the help of SPSS version 23. The results showed that online-based learning management for elementary school teachers in the midst of the covid 19 pandemic in Indonesia had not been implemented optimally. This conclusion is based on the results of data analysis where the percentage of the ideal criteria for each component has not yet reached 50%. In the lesson planning component, teachers who always make plans are 47%. Teachers who always organize online learning are 30.46%. The most widely used application by teachers in online learning is WhatsApp as much as 25.1%. The movement of online learning is always only carried out by 40.55% of teachers. Teachers who always supervise only 33.76%.

Keywords: Online Learning Management, Elementary School Teachers, Covid 19 Pandemic

Referensi

Read More

Penulis

Nafiah Nafiah
nefi_23@unusa.ac.id (Kontak utama)
Syamsul Ghufron
Mohammad Kurjum

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found