Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Prasarana Di Smk N 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri

Tri Hanung Widiyarso (1), Bambang sumardjoko sumardjoko (2), darsinah darsinah darsinah (3)
(1) MAP-UMS, Indonesia,
(2) Universitas muhammadiyah surakarta, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketrampilan manajerial kepala sekolah di SMK N 1 Bulukerto. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai indicator keberhasilan kepala sekolah penulis menggunakan teori dari Robert G Terry dalam principle of management yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan ketrampilan manajerialnya dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pada bidang sarana prasarana. Hal ini terbukti dengan adanya daftar inventarisasi, penggunaan, dan perawatan serta pengembangan sarana prasarana yang tersusun secara rapi, sistematis, dan aplikatif serta terlaksana secara berkelanjutan.

        Kata Kunci : Ketrampilan,Manajerial, Sarana Prasarana

 

ABSTRACT

This study aims to explain the managerial skills of the principal at SMK N 1 Bulukerto. In this study using qualitative research. To analyze the data, this study uses data reduction, data display, and drawing conclusions. As an indicator of the success of the principal, the author uses the theory of Robert G Terry in the principle of management which consists of Planning, Organizing, Actuating, and Controlling. The results of the study indicate that the principal has implemented his managerial skills in planning, organizing, implementing, and supervising in the field of infrastructure. This is evidenced by the existence of a list of inventory, use, and maintenance as well as the development of infrastructure facilities that are neatly, systematically, and applicable and implemented in a sustainable manner.

        Keywords: Skills, Managerial, Infrastructure

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Barnawi & M. Arifin, Manajemen Sarana Dan prasarana sekolah. (Jokjakarta:Ar-Ruzz Media, 2012). Hlm, 47-48

Daft, Richard L. 2003. ManajemenSumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Erlangga

Danim, Sudarman. 1994. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. hlm. 101-102.

Kasan, Tholib . 2000. Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta: Studia Press. hlm. 91

Lewis, 2004, Kinerja Orgganisasi : Yogyakarta : UGM

Mantja, W. 2005. etnografi Disain Penelitian Kualitatif dan manajemen Pendidikan. Malang : wineka Media

Miles B. Mathew & Huberman S.Michael. 1992. Analisis Data Kulitatif. UI Press. Jakarta.

Mujamil Qomar, 2007. Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta : Erlangga, 2007), 171

Mulyasa, 2007, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud No 6 Tahun 2018. Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasionnnal.

Plunket, dkk. 2005. Management : Meeting and Exceding Customer Exceptions. USA : Thomson South-Western.

Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430

Sutama, 2019, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif,

Kualitatif, PTK, R & D, Cet. V, Kartasura: Fairuz Media.

Yulk, Gary. 1994. Leadership in Organization.New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Penulis

Tri Hanung Widiyarso
trihanung45@gmail.com (Kontak utama)
Bambang sumardjoko sumardjoko
darsinah darsinah darsinah
Biografi Penulis

Tri Hanung Widiyarso, MAP-UMS

Mahasiswa

Bambang sumardjoko sumardjoko, Universitas muhammadiyah surakarta

dosen

darsinah darsinah darsinah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

dosen

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found