Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sarana Prasarana Di Smk N 1 Bulukerto Kabupaten Wonogiri
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ketrampilan manajerial kepala sekolah di SMK N 1 Bulukerto. Pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Sebagai indicator keberhasilan kepala sekolah penulis menggunakan teori dari Robert G Terry dalam principle of management yang terdiri dari Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan ketrampilan manajerialnya dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pada bidang sarana prasarana. Hal ini terbukti dengan adanya daftar inventarisasi, penggunaan, dan perawatan serta pengembangan sarana prasarana yang tersusun secara rapi, sistematis, dan aplikatif serta terlaksana secara berkelanjutan.
       Kata Kunci : Ketrampilan,Manajerial, Sarana Prasarana
Â
ABSTRACT
This study aims to explain the managerial skills of the principal at SMK N 1 Bulukerto. In this study using qualitative research. To analyze the data, this study uses data reduction, data display, and drawing conclusions. As an indicator of the success of the principal, the author uses the theory of Robert G Terry in the principle of management which consists of Planning, Organizing, Actuating, and Controlling. The results of the study indicate that the principal has implemented his managerial skills in planning, organizing, implementing, and supervising in the field of infrastructure. This is evidenced by the existence of a list of inventory, use, and maintenance as well as the development of infrastructure facilities that are neatly, systematically, and applicable and implemented in a sustainable manner.
       Keywords: Skills, Managerial, Infrastructure
Artikel teks lengkap
Referensi
Barnawi & M. Arifin, Manajemen Sarana Dan prasarana sekolah. (Jokjakarta:Ar-Ruzz Media, 2012). Hlm, 47-48
Daft, Richard L. 2003. ManajemenSumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Erlangga
Danim, Sudarman. 1994. Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara. hlm. 101-102.
Kasan, Tholib . 2000. Teori dan Aplikasi Administrasi Pendidikan. Jakarta: Studia Press. hlm. 91
Lewis, 2004, Kinerja Orgganisasi : Yogyakarta : UGM
Mantja, W. 2005. etnografi Disain Penelitian Kualitatif dan manajemen Pendidikan. Malang : wineka Media
Miles B. Mathew & Huberman S.Michael. 1992. Analisis Data Kulitatif. UI Press. Jakarta.
Mujamil Qomar, 2007. Manajemen Pendidikan Islam, (Jakarta : Erlangga, 2007), 171
Mulyasa, 2007, Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud No 6 Tahun 2018. Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasionnnal.
Plunket, dkk. 2005. Management : Meeting and Exceding Customer Exceptions. USA : Thomson South-Western.
Rahmah, N. (2016). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan Sekolah. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 1(1), 73–77. https://doi.org/10.24256/kelola.v1i1.430
Sutama, 2019, Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif,
Kualitatif, PTK, R & D, Cet. V, Kartasura: Fairuz Media.
Yulk, Gary. 1994. Leadership in Organization.New Jersey: Prentice-Hall, Inc
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.