Pengembangan Strategi Pembelajaran Berbasis Neurosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengarang Peserta Didik Kelas V

Aninditya Sri Nugraheni (1), Alma Pratiwi Husain (2), Sri Nur Rohani (3)
(1) UIN Yogyakarta, Indonesia,
(2) UIN Yogyakarta, Indonesia,
(3) UIN Yogyakarta, Indonesia

Abstrak

Menulis menjadi salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Keterampilan menulis harus digali agar peserta didik terbiasa menulis dan mampu mengembangkan ilmu, pengalaman dan wawasannya. Permasalahan yang terjadi adalah peserta didik kesulitan untuk menulis, bingung dengan yang akan ditulis, dan bagaimana menyampaikan ide atau gagasan melalui media tulis. Berdasarkan hal ini perlu adanya suatu strategi pembelajaran, yang dapat menghubungkan kenyataan yang dialami peserta didik (domain otak kanan) dengan penalaran atau pengungkapan ide tulisan (domain otak kirinya). Strategi pembelajaran berbasis neurosains ini diharapkan dapat menjawab permasalahan yang dialami pada saat menulis, peserta didik menjadi gemar dalam keterampilan menulis, serta menumbuhkembangkan kreativitasnya dalam menulis.

Referensi

Read More

Penulis

Aninditya Sri Nugraheni
anin.suka@gmail.com (Kontak utama)
Alma Pratiwi Husain
Sri Nur Rohani

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found