COOPERATIVE LEARNING TIPE TAI PADA MATAKULIAH GEOMETRI NETRAL MELALUI PROGRAM LESSON STUDY

Shoffan Shoffa (1), Agus Sholikin (2), Endang Suprapti (3), Wujud SD (4), Sandha Soemantri (5)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(5) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe TAI pada mata kuliah geometri netral melalui program lesson study dan untuk melihat apakah mahasiswa lebih aktif dalam bekerja sama atau tidak. 
Sampel yang digunakan adalah mahasiswa semester 6 Prodi endidikan Matematika sebanyak 18 orang. Prosedur Penelitian yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu tahap persiapan; tahap tindakan; tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen penelitian berupa: RPP (demonstrasi, Kuis1, LKM, diskusi kelompok, simulasi, kuis2), lembar observasi, dan lembar kuesioner. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas mahasiswa; hasil kuis 2 pemahaman materi dan saat diskusi; lembar kuesioner akhir pembelajaran.
Dari kegiatan diskusi diperoleh prosentase keterlibatan mahasiswa sebesar 89, 8 %, dan untuk hasil tes diperoleh prosentase sebesar 83, 3%. Prosentase ini meningkat karena ada rambu-rambu dalam pelaksanaan diskusi kelompok (Siklus 1 masih belum ada ramburambu diskusi), jadi tugas yang dilakukan oleh setiap mahasiswa menjadi lebih jelas. Selain dari pada itu, waktu yang diperlukan lebih singkat. Dari hasil tersebut penelitian pada siklus 2 dinyatakan berhasil karena telah mencapai target keberhasilan.
Dari hasil kuesioner terhadap metode pembelajaran yang digunakan dapat disimpulkan bahwa, mahasiswa senang belajar kelompok, mahasiswa lebih aktif dalam bekerjasama, pemahaman mahasiswa tentang materi yang digunakan menjadi lebih baik dan dapat
meningkatkan semangat dalam belajar.
Keyword : Lesson Study, Cooperative Learning, TAI

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo. Penerbit : PT Gramedia Widiasarana Indonesia Jakarta.

Herawati, Susilo, 2012, Peningkatan Mutu Perkuliahan Di Perguruan Tinggi Melalui Lesson Study, Makalah disajikan dalam Lokakarya Lesson Study untuk Dosen FMIPA Universitas Muhammaddiyah

Surabaya, 9 Februari 2012.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin L Robert, 2009. Cooperative Learning. Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media, Penerbit Nusa Media Ujung Berung. Bandung.

T. Budiarto, Mega, & Masriyah. 2010. Sistem Geometri Edisi Revisi. Penerbit : UNESA University Press.

Penulis

Shoffan Shoffa
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Agus Sholikin
Endang Suprapti
Wujud SD
Sandha Soemantri

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found