Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar
Abstrak
Kerucut pengetahuan ( cone experience ) edgar dale menyatakan bahwa pengetahuan siswa melalui visual saja 10%, audio visual 20%, lihat gambar dan diagram 30%, serta melakukan langsung 90% pengetahuan dapat diterima. Dengan kata lain penggunaan media pembelajaran dapat mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran dan memberikan dampak yang cukup signifikan dalam pemerolehan pengetahuan. Dilihat dari jenisnya media pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu media bydesign dan media by utility. Penelitian ini bertujuan untuk 1 ) menghasilkan indikator instrumen validasi media pembelajaran berbasis lingkungan sekitar, 2) menghasilkan instrumen validasi media pembelajaran berbasis lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D model 4D tiagarajan dkk yang dimulai dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Instrumen validasi media yang dihasilkan pada penelitian ini adalah instrumen validasi produk media dan buku panduan oleh ahli media dan ahli materi. Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Filosofi, Metodologi dan Implementasi. . Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Arikunto, S. (2009). Dasar dasar evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan 10 . Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Sejahtera.
molenda, J. a. (2007). educational Technology : A definition With Comentary. New York : State University of new York at Postdam.
Pribowo, F. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Lingkungan Sekitar Berorintasi Pada Pendekatan scientific. Desertasi dan Tesis Program Pascasarjana UM.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif & R&D. Bandung : Alfabeta.
Sujarwo, D. (2008). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan . Yogyakarta: PLS FIP UNY.
Wilson, D. (2016). Teaching Student To Drive Their Brain. Alexandria, Virginia, USA: ASCD.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.