PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PMR PADA POKOK BAHASAN JAJARGENJANG DAN BELAHKETUPAT
Abstrak
ABSTRACTION
One of [the] important characteristic [of] mathematics [is] to have abstraction obyek, so that still many student assume that mathematics [is] difficult. Nature of the abstraction represent one of [the] difficult cause [of] him a student comprehend school mathematics. For that, in study of mathematics, besides comprehending items, student also require
to understand the way of mathematics items application in life of reality.
This research represent research of development with aim to to develop peripheral of study of Mathematics with Approach Of PMR [At] Fundamental Discussion of Jajargenjang and of Belahketupat.
Development of peripheral relate [at] model 4-D (model of Thigarajan, and semmel of semmel) that is definition phase, scheme phase, and development phase. For the phase of desiminasi not yet been [done/conducted] [by] because this phase refer [at] usage of peripheral of study which have been developed [by] [at] broader scale, for example
[in] other class, other school, by other teacher. Limited test-drive [done/conducted] [by] [at] 30 class student of VII D SMP N 4 Babat LamonganÂ
Artikel teks lengkap
Referensi
Asmin. 2003. Implementasi Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Kendala yang Muncul di Lapangan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan : Depdiknas.
Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Borich, G.D. 1994. Observation Skill For Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.
Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta. Airlangga.
Depdiknas. 2006a. Buku Saku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2006b. Instrumen Penilaian Tahap II Buku Teks Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: BSNP.
Depdiknas. 2006c. Model Pengembangan Silabus Mata Pelajaran dan Rencana pelaksanaan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
Depdiknas. 2006d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Lampiran 2 Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SMP, MTS, dan SMPLB. Jakarta: Sekjen Depdiknas.
Depdiknas. 2006e. Panduan Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas. 2006f. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.
Fadholi. 2004. Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) pada Pokok Bahasan Energi di MTsN 3 Sumberrejo Bojonegoro.
Tesis. Magister Pendidikan, UNESA.
Fauzi, A. 2002. Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Pembagian di SD. Tesis. Magister Pendidikan. UNESA.
Hadi, S. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin. Tulip.
Hudojo, H. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Dirjen Dikti, Jakarta, Depdikbud.
Khabibah, S., dan Adi R. 2005. Implementasi Penelitian untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti,
Depdiknas.
___ 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD. Disertasi, Pascasarjana UNESA.
Nur, M. 2006. Contoh Perangkat Model PBI Daya dan Energi Listrik. Surabaya: LPMP Jatim, Depdiknas.
Rahmat. 2003. Perangkat Pembelajaran Topik Bangun Layang-Layang dan Trapesium dengan Pendekatan Matematika Realistik. Makalah. Program Pascasarjana UNESA.
Rustam. 2004. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Tipe Terhubung (Connected) di Implementasikan dengan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBI). Tesis.
Magister Pendidikan, UNESA.
Sa’diah, K. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivis. Untuk siswa SMP. Disertasi. Doktor, UNESA.
Junaidi, S. & Siswono, E. 2004. Matematika SMP untuk Kelas VII. Esis: Erlangga
Setiawan, B. 2007. Keefektifan Diagram Alir dan Pendekatan Ketrampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Pemahaman
Konsep Laju Reaksi. Tesis. Magister Pendidikan, UNESA.
Slavin, R.E. 1994. Educational Psychology. Boston: Allyn and Boston Publishing Company.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
___ 2007. Masalah Kontekstual Sebagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.
Tawil, M. 2007. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Tipe Terhubung (Connected). Tesis. Magister Pendidikan, UNESA.
Thiagarajan, S. & Semmel, D.S. & Semmel, I.M. 1974. Instructional Development for Trainning Teachers of Exceptional Children. Bloomington: Indiana University.
Yohanes. 2003. Pengembangkan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMR Pada Pokok Bahasan Transformasi di Kelas III SLTP. Makalah. Program Pascasarjana UNESA.
Zumrotul. 2003. Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Pada Topik Persegipanjang dan Persegi untuk
Siswa Kelas I SMP. Skripsi. S-1 Pendidikan Matematika UNESA.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.