Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)

Endang Suprapti (1)
(1) Univesitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Siswa dalam memecahkan masalah matematika sangat membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan oleh guru. Melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Ralistik Mathematik Education (RME) merupakan salah satu alternatif sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, menghubungkan dengan permasalahan yang pernah dialami siswa sehingga siswa dapat memecahkan masalah. Dalam hal ini kemampuan berpikir kreatif yang dikembangan terdiri dari kefasihan, fleksibilitas, orisinilitas dan elaborasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelejaran dengan pendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas  yang dilaksanakan pada Agustus 2019. Subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 36 orang siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sumber data utama tentang kemapuan berpikir kreatif mengacu pada munandar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dari siklus I Kategori Kurang Kreatif menjadi cukup kreatif dan melalui pembelajaran dengan pedekatan RME secara efektif meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif.

 

Referensi

Read More

Penulis

Endang Suprapti
end4n9@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found