Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME)
Abstrak
Siswa dalam memecahkan masalah matematika sangat membutuhkan kemampuan berpikir kreatif. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan oleh guru. Melalui penerapan pembelajaran dengan pendekatan Ralistik Mathematik Education (RME) merupakan salah satu alternatif sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, menghubungkan dengan permasalahan yang pernah dialami siswa sehingga siswa dapat memecahkan masalah. Dalam hal ini kemampuan berpikir kreatif yang dikembangan terdiri dari kefasihan, fleksibilitas, orisinilitas dan elaborasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pembelejaran dengan pendekatan RME. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan pada Agustus 2019. Subjek penelitian siswa kelas XI MIPA 6 yang berjumlah 36 orang siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sumber data utama tentang kemapuan berpikir kreatif mengacu pada munandar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dari siklus I Kategori Kurang Kreatif menjadi cukup kreatif dan melalui pembelajaran dengan pedekatan RME secara efektif meningkatkan kemampuan untuk berpikir kreatif.
Â
Artikel teks lengkap
Referensi
Akbar, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Filosofi, Metodologi dan Implementasi. . Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Arikunto, S. (2009). Dasar dasar evaluasi Pendidikan Edisi Revisi Cetakan 10 . Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Sejahtera.
Coughlan, A. (2007). LEARNING TO LEARN: Creative Thinking and Critical Thinking.DCU Students. DCU Students, 11.
Filsaime. (2008). Menguak Rahasia Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kulaitatif & R&D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan, D. (2006). Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: Dirjen Dikti.
Wahyudi. (2016). PENGEMBANGAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI MAHASISWA PEDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 47-57.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.