IMPLEMENTASI LESSON STUDY BERBASIS KARAKTER PADA MATA KULIAH STATISTIKA DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “GABUZ”

Wahyuni suryaningtyas (1), Endang suprapti (2), Agus solikin (3), Shoffan shoffa (4)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK


Lesson Study merupakan model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pebelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan asas-asas kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community. Lesson study dapat diimplementasikan pada berbagai jenjang pendidikan, termasuk perguruan tinggi, salah satunya Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) yang menerapkan program Lesson Study berbasis karakter dalam kegiatan akademisnya pada Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lesson Study pada program studi pendidikan matematika semester gasal 2013/2014 dilaksanakan pada mata kuliah Statistika Dasar. Tahap implementasi Lesson Study pada program studi Pendidikan Matematika FKIP UMSurabaya
telah berjalan dengan sejumlah 5 (lima) tahapan pelaksanaan yaitu: pendefinisian, perencanaan, pelaksanaan/implementasi, analisis data, dan penyusunan artikel ilmiah. Hasilhasil yang diperoleh antara lain: (1) Terjadi peningkatan kualitas proses pembelajaran. Mahasiswa yang aktif semakin banyak, perkuliahan tidak membosankan karena sebagian besar mahasiswa kelihatan antusias dalam belajar, terutama pada waktu menggunakan media pembelajaran “GABUZâ€. Dosen juga dapat berkolaborasi dengan teman sejawat dalam upaya untuk memperbaiki pembelajarannya dan sebagai best practice PBM dengan
menggunakan media pembelajaran. (2) Melalui pembelajaran dengan Lesson Study ini selain dapat meningkatkan kualitas pembelajaran sekaligus juga dapat menumbuhkan karakter mahasiswa pada mata kuliah Statistika Dasar pada aspek teliti, pantang menyerah,
kreatf, dan tanggungjawab. (3) Implementasi Lesson Study secara berkelanjutan akan mempercepat peningkatan profesionalisme dosen dalam pelaksanaan perkuliahan. Peningkatan keprofesionalan dosen akan diikuti oleh peningkatan efektivitas kegiatan belajar mengajar dan secara tidak langsung akan berdampak pada peningkatan mutu
pendidikan.

Referensi

Read More

Penulis

Wahyuni suryaningtyas
yuni.surya83@gmail.com (Kontak utama)
Endang suprapti
Agus solikin
Shoffan shoffa

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >> 

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found