ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN PERMASALAHAN LIMIT FUNGSI ALJABAR BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DAN GAYA BELAJAR
Abstrak
Limit fungsi aljabar merupakan materi aljabar yang dipelajari dan diujikan pada kelas 11. Terdapat 3 kesalahan siswa saat mengerjakan soal materi ini yaitu kekeliruan konsep, kekeliruan prinsip, dan kekeliruan prosedural. Penelitian ini memiliki sasaran untuk menguraikan kesalahan jawaban siswa kelas 11 pada soal limit fungsi aljabar berdasarkan tingkat taksonomi Bloom dan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pada penelitian ini siswa dikelompokkan berdasarkan gaya belajar Kolb yaitu: gaya belajar divergen, asimilasi, konvergen, dan akomodasi, kemudian dipilih siswa-siswa dengan 1 dominan gaya belajar pada keempat gaya belajar. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner gaya belajar Kolb dan tes tertulis memuat 3 soal essay limit fungsi aljabar berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami kesalahan dalam menjawab soal tingkat C3,C4,C5, dan C6. Bentuk kesalahan pada keempat gaya belajar yaitu kekeliruan prosedural. Khususnya siswa gaya belajar divergen dan asimilasi mengalami kekeliruan konsep. Sedangkan siswa gaya konvergen melakukan kekeliruan prinsip. Kesalahan jawaban ini disebabkan oleh siswa kurang melatih kemampuannya sesuai dengan kelebihan gaya belajar mereka.
Artikel teks lengkap
Referensi
Anugrah, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 213–225.
Chauraya, M., & Mashingaidze, S. (2017). In-Service Teachers’ Perceptions and Interpretations of Students’ Errors in Mathematics. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 18(3), 273–292.
Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17. https://doi.org/10.24269/ed.v3i1.232
Handayani, E., & Ratnaningsih, N. (2019). Kemampuan penalaran matematik peserta didik ditinjau dari gaya belajar kolb. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 161–167.
Maharani, I. P., & Subanji, S. (2018). Scaffolding Based on Cognitive Conflict in Correcting the Students’ Algebra Errors. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(2), 67–74. https://doi.org/10.12973/iejme/2697
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8
Marisa, G., Syaiful, & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77–88.
Maudy, S. Y., S., D., & M., E. (2018). Student’ Algebraic Thinking Level. International Journal of Information and Education Technology, 8(9), 672–676. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.9.1120
Rofiqoh, Z.,  R., & Kurniasih, A. W. (2016). ANALISIS Hasil Belajar Peserta Didik Pada Implementasi Scientific Approach dalam Pembelajaran Kimia Materi Koloid Di kelas XI IPA SMA/MA. UNNES Journal of Mathematics Education, 5(1), 24–32. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.
Sukoriyanto, S. (2018). Students’ Thinking Processes In Solving Linear Equations And Inequalities One Variable Problems In Terms Of Personal Style Using The Assimilation And Accommodation Framework. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(5), 123. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i5.301
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.