DINAMIKA PERAN ORANG TUA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SALAM (SANGGAR ANAK ALAM)

Nur Kholis (1)
(1) a:1:{s:5:"id_ID";s:27:"Universitas PGRI Yogyakarta";}, Indonesia

Abstrak

Pendidikan memiliki peran krusial sebagai landasan pembentukan karakter dan keterampilan individu. Peran orang tua bukan hanya sekadar berpartisipasi dalam kegiatan formal ketika di sekolah, mengantar, dan menjeput anaknya sepulang sekolah, tetapi juga mencakup pemahaman yang mendalam terhadap filosofi dan tujuan dari Kurikulum Merdeka Belajar.


Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran tentang dinamika peran orang tua dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SALAM (Sanggar Anak Alam). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap proses pembelajaran di SALAM. Sampel penelitian melibatkan orang tua, fasilitator, dan peserta didik yang terlibat aktif dalam proses pembelajaran.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah SALAM berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang positif dan melibatkan aktif orang tua. Kemitraan yang kuat antara semua pihak terlibat membuktikan bahwa Merdeka Belajar bukan hanya konsep, tetapi telah menjadi realitas yang menciptakan generasi yang kreatif, mandiri, dan siap menghadapi tuntutan kehidupan di masa depan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adpriyadi, A., & Sudarto, S. (2020). Pola Asuh Demokratis Orang Tua Dalam Pengembangan Potensi Diri Dan Karakter Anak Usia Dini. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 26-38.

Arifin, S., Amda, A. D., & Putri, D. P. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta Studi Buku Sekolah Biasa Saja Karya Toto Rahardjo (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Saku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI.

Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(2).

Fatawi, U. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM AMONG DAN TRI PUSAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN, BANTUL. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 8(1), 10-19.

Freire, P. (2018). Pendidikan kaum tertindas. LP3ES.

Hanum, L. M. (2020). PENERAPAN KONSEP “BELAJAR MERDEKA” DI TAMAN ANAK SANGGAR ANAK ALAM NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Pendidikan Guru PAUD S-1, 9(5), 405-416.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).

Hidayatullah, N. (2023). Hubungan Antara Pola Asuh Demokratis, Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SD Berbantuan Karya II.

Joshi, M. K., Gupta, P., & Singh, T. (2015). Portfolio-based learning and assessment. Indian pediatrics, 52, 231-235.

Kholis, N., & Rigianti, H. A. (2023). KORELASI ANTARA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BERBASIS RISET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SALAM (SANGGAR ANAK ALAM). Khazanah Pendidikan, 17(2), 139-151.

Khumaidah, K., Arifin, Z., & Thontowi, Z. S. (2022). Manajemen Program Riset Studi Kasus di MAN 2 Kudus. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 20(1), 108-118.

Ki Hadjar Dewantara. 2013. Pendidikan. Yogyakarta : Majlis Luhur Taman Siswa

Kristiana, M. I. (2022). Sekolah Alam''Sanggar Anak Alam''Berbasis Kearifan Lokal (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Kusumo, W. P. (2021). Peran Orang Tua Yang Sibuk Bekerja Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini (Usia 4-5 Tahun) Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Ra Muslimat Nu Kebonrejo 2 Salaman Magelang. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(1), 34-45.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini, 5(1), 549-558.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah keluarga: Menciptakan lingkungan sosial untuk membangun empati dan kreativitas anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576.

Marzuki, K., & Syamsuardi, S. (2018). Penyelenggaraan Parenting Ducation dalam Mengembangkan Kemitraan Orang Tua dengan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

Mulyasa, H. E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara.

Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan sebaya dan permainan tradisional pada keterampilan sosial dan emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1011-1020.

Sahadir, S. (2020, September). MENJADI ORANG TUA EFEKTIF (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK). In FORUM PAEDAGOGIK (Vol. 9, No. 2, pp. 52-60). IAIN Padangsidimpuan.

Saleh, M. (2020, May). Merdeka belajar di tengah pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas (Vol. 1, pp. 51-56).

Sekali, P. K., Jainab, J., & Lisnasari, S. F. (2023). Peran Orang Tua Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelurahan Laucimba Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Digital, 2(2), 10-21.

Sekretariat GTK. 2020. Merdeka Belajar. Artikel. Diakses tanggal 27 Mei 2020.

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104-1111.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar.

Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep kampus merdeka belajar di era revolusi industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141-157.

Siswadi, G. A. (2023). TELAAH ATAS PEMIKIRAN MARIA MONTESSORI TENTANG PENDIDIKAN YANG MEMERDEKAKAN DAN RELEVANSINYA BAGI PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 7(2), 118-128.

Subagia, I. N. (2021). Pola asuh orang tua: Faktor, implikasi terhadap perkembangan karakter anak. Nilacakra.

Subagia, I. W., & Priyanka, L. M. (2020). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar IPA Berbasis Riset untuk Memfasilitasi Keterampilan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif, dan Komunikatif Perserta Didik. In Seminar Nasional Riset Inovatif (Vol. 7, No. 1, pp. 217-226).

Sudarma, M. (2021). Merdeka Belajar Menjadi Manusia Autentik. Jakarta: PT Elekx Media Komputindo. Hal, 3(6).

Sudarman, S., Daulas M, R., & Muryanti, M. (2018). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kemampuan Mean Length Of Utterance (MLU) Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keterapian Fisik, 3(1), 35-45

Sulistiani, R. (2023). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Peran Orang Tua Yang Aktif.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen perencanaan pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183-193.

Toto Rahar djo. 2018. Sekolah Biasa Saja. Yogyakarta : InsistPress

Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.

Wardani, S., Asbari, M., & Misri, K. I. (2023). Pendidikan yang Memerdekakan, Memanusiakan dan Berpihak pada Murid. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 35-43.

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Wulandari, Y. N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. (2020). Keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar anak selama masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138-1150.

Penulis

Nur Kholis
knur5079@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found