ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN ALJABAR BERDASARKAN GAYA BELAJAR KOLB
Abstrak
Kemampuan literasi numerasi termasuk ke dalam salah satu kemampuan yang dibutuhkan pada semua aspek kehidupan. Hasil laporan PISA untuk literasi matematis Indonesia memperoleh skor 379, tetapi Indonesia masih berada jauh dibawah skor rata-rata negara OECD lainnya. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas VIII dalam menyelesaikan permasalahan aljabar berdasarkan gaya belajar Kolb versi 3.1 baik dari segi gaya belajar divergen, konvergen, asimilasi, dan akomodasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa SMP IT Alia Tangerang kelas VIII B dan VIII C tahun ajaran 2022/2023 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Secara umum siswa kelas VIII memiliki kemampuan literasi numerasi cukup mampu dalam menyelesaikan permasalahan aljabar dengan skor rata-rata 55%. Sebagian besar siswa mengalami kendala saat menyelesaikan soal literasi numerasi pada permasalahan pertidaksamaan linier. Namun sebagian besar siswa tersebut dapat menyelesaikan soal literasi numerasi materi rasio dan proporsi serta relasi fungsi dan pola bilangan. Dengan demikian, rata-rata siswa kelas VIII dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan literasi numerasi.
Artikel teks lengkap
Referensi
Delima, N., Kurniasih, I., Tohari, Hutneriana, R., Amalia, F. N., & Arumanegara, E. (2022). PISA DAN AKM Literasi Matematika dan Kompetensi Numerasi (I, Issue June). Unsub Press.
Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928
Fauzi, F. G., Melyana, F., Rahmawati, D., Yasmin, S., & Nurrahmah, A. (2021). Analisis Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII Di SMP Petri Jaya Jakarta Timur Pada Konten Aljabar. Original Research, 1(2), 83–91.
Fuad, A. J. (2016). Meta Analisis: Deferensiasi Gaya Belajar dengan Metode Pembelajaran. Journal An-Nafs, 1(2), 151–165.
Furqon, S., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Peserta Didik Kelas IX berdasarkan Gaya Belajar menurut David Kolb. Edumatica Jurnal Pendidikan Matematika, 11(April).
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia ( Trends In International Mathematics And Science Study ). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569.
Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2013). The Kolb Learning Style Inventory versions 3.1 &3.2 2013 Technical Specifications. Hay Group.
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8
Maudy, S. Y., S., D., & M., E. (2018). Student’ Algebraic Thinking Level. International Journal of Information and Education Technology, 8(9), 672–676. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.9.1120
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do: Vol. I. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Sekolah Dasar untuk Siswa. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62.
https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
Rosidi, A. A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3303–3315.
Salsabilah, A. P., & Kurniasih, M. D. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau dari Efikasi Diri pada Peserta Didik SMP Analysis of Numerical Literacy Ability by Self Efficacy of Junior High School Students. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2).
Suwi, E., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan Antara Gaya Belajar Model Kolb Dan The Correlation Between Learning Style Kolb ’ S Model And Student ’ S Learning Outcomes On Junior. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 51–61.
Tim Gerakan Literasi Numerasi. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wiedarti, P. (2018). Seri Manual GLS Pentingnya memahami gaya belajar (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Winata, R., & Friantini, R. N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Landak pada Pemecahan Masalah Operasi Aljabar. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 89–104.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.