Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Pythagoras

Annisa Restianingsih (1), Heni Pujiastuti (2)
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia,
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas tentang pemahaman konsep Pythagoras pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan wawancara. Tes yang digunakan mencakup indikator pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas. Penelitian diawali dengan pemberian 3 buah soal Pyhtagoras kepada siswa. Selanjutnya dilakukan pengelompokkan antara jawaban lembar kerja siswa, baru dilanjutkan dengan dipilihnya 3 siswa untuk sesi wawancara kemudian akan dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini berdasarkan aspek memahami dan aspek menerapkan ditemukan kesulitan pada siswa berkemampuan tinggi ialah pada saat menjelaskan alasan, kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan sedang pada saat mengkategorikan dan kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan rendah pada saat menafsirkan, menjelaskan, mengkategorikan dan mengimplementasikan. Penguasaan materi yang baik akan mampu membawa siswa dalam memproduksi penyelesaian yang baik pula.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Derniati, R., Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN 3 Kuantan Singingi. EKSAKTA : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 5, 1–12.

Eggy.W, Y., Yenita, R., & Maimunah. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Lingkaran. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 297–306. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.384

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2015). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 140–144.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2017). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. E-Journal.Unipma, 7(1), 1–8. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas Vii Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Khasanah, U. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Siswa SMP. Contemporary Psychology: A Journal of Reviews, 1(4), 1–6. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1969.tb04998.x

Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.

Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 01(02), 323–334.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Prenadamedia Group, ed.). Jakarta.

Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT. Bummi Aksara.

Yohanes, F., & Sutriyono. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Menyelesaikan Soal Keliling Dan Luas Segitiga Bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1), 11–22.

Yuntiaji, D. A. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika Berdasarkan Ideal Problem Solving Pada Materi Limit Fungsi. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(2), 102–113. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Penulis

Annisa Restianingsih
annisarestianingsih7@gmail.com (Kontak utama)
Heni Pujiastuti
Biografi Penulis

Annisa Restianingsih, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found