Analisis Kesulitan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Pythagoras

Annisa Restianingsih (1), Heni Pujiastuti (2)
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia,
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas tentang pemahaman konsep Pythagoras pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan wawancara. Tes yang digunakan mencakup indikator pada aspek memahami dan aspek menerapkan. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ciruas. Penelitian diawali dengan pemberian 3 buah soal Pyhtagoras kepada siswa. Selanjutnya dilakukan pengelompokkan antara jawaban lembar kerja siswa, baru dilanjutkan dengan dipilihnya 3 siswa untuk sesi wawancara kemudian akan dianalisis lebih lanjut. Hasil penelitian ini berdasarkan aspek memahami dan aspek menerapkan ditemukan kesulitan pada siswa berkemampuan tinggi ialah pada saat menjelaskan alasan, kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan sedang pada saat mengkategorikan dan kesulitan yang dialami oleh siswa berkemampuan rendah pada saat menafsirkan, menjelaskan, mengkategorikan dan mengimplementasikan. Penguasaan materi yang baik akan mampu membawa siswa dalam memproduksi penyelesaian yang baik pula.

Referensi

Read More

Penulis

Annisa Restianingsih
annisarestianingsih7@gmail.com (Kontak utama)
Heni Pujiastuti
Biografi Penulis

Annisa Restianingsih, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found