IMPLEMENTASI PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI: CONTOH PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN

YUNI GAYATRI (1)
(1) Dosen FKIP UMSurabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Hasil belajar psikomotorik belum mendapat perhatian yang
proporsional untuk banyak mata pelajaran. Keterampilan
psikomotorik memiliki karakteristik yaitu: melibatkan koordinasi
otot dan indera, dapat diamati, dapat diukur secara langsung, dan
mengikuti prosedur tertentu. Berdasarkan karakteristik keterampilan
psikomotor tersebut, pengajaran psikomotorik harus dilakukan
dengan contoh (modeling), memberi latihan yang terbatas, memberi
balikan, dan akhirnya memberi kesempatan latihan yang lebih luas.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran seperti yang diharapkan, telah
dikembangkan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi
karakteristik keterampilan psikomotor tersebut, yaitu Pengajaran
Langsung (Direct Instruction).
Pembelajaran langsung adalah model pembelajaran yang
dirancang untuk mengajarkan pengetahuan deklaratif dan
pengetahuan prosedural yang diajarkan setahap demi setahap. Ciri
khas pembelajaran ini adalah adanya modeling, yaitu suatu fase
dimana guru memodelkan atau mencontohkan melalui demonstrasi
bagaimana suatu keterampilan itu dilakukan.
Pengajaran langsung dapat digunakan bila guru ingin: (1).
Mengajarkan keterampilan psikomotorik (pengetahuan prosedural),
contoh: penggunaan alat, mendemonstrasikan gerakan tertentu; (2).
Mengajarkan pengetahuan yang terstruktur dengan baik dan
diajarkan setahap demi setahap (pengetahuan deklaratif), contoh:
metode ilmiah.
Sintaks pembelajaran ini merupakan kegiatan belajar mengajar
yang dapat dirancang guru pada saat menyusun Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam pelaksanaannya, selain
RPP dikembangkan pula perangkat yang lain yang akan digunakan
misalnya lembar pengamatan keterampilan psikomotorik yang akan
di evaluasi.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ibrahim, M. 2007. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Surabaya: Makalah yang disampaikan pada Pelatihan Strategi Pembelajaran Bagi Guru Universitas Muhammadiyah Surabaya, Senin, 8 Oktober 2007.

Ibrahim, Muslimin, 2003, Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction), Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Suyatno dan Hasan Subekti, 2009, Menjelajah Seratus Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Target

Suyatno. 2008. Mengajar dengan Permainan. Surabaya; Diakses melalui http:/garduguru.blogspot.com tanggal 12

januari 2009

Penulis

YUNI GAYATRI
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found