STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstrak
Pendidikan jarak jauh di masa pandemi Covid-19 harus menanamkan pendidikan karakter yang baik sehingga kekahwatiran akan ketidakjelasan pendidikan anak usia dini di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan evaluasi strategi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dasar selama masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode literature review dengan mengumpulkan berbagai referensi yang terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi strategi peningkatan pembelajaran di sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19 yaitu kepala sekolah harus terlebih dahulu memilih salah satu cara melaksanakan program yang telah ditetapkan. Kedua, memilih bahan belajar yang baik dan cocok untuk pembelajaran online dan offline dengan teknologi. Dan ketiga, melibatkan guru dalam pelatihan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tinjauan pertama strategi peningkatan pembelajaran di sekolah dasar selama pandemi Covid-19, memastikan semua guru dapat menggunakan aplikasi atau materi pembelajaran yang tepat. Kedua, pastikan guru dan siswa dapat memahami proses pembelajaran online. Ketiga, pastikan guru dan siswa siap belajar di rumah. Keempat, mengontrol dan memantau kegiatan pembelajaran. Kelima, menjalin kerjasama dengan pihak luar serta mengkoordinasikan dan melaporkan hasil kegiatan pembelajaran secara berkala kepada dinas pendidikan. Strategi yang tepat dapat berdampak pada keberhasilan akademik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Artikel teks lengkap
Referensi
Allo, M. D. G. (2020). Is the online learning good in the midst of Covid-19 pandemic? The case of EFL learners. Jurnal Sinestesia, 10(1), 1–10. https://www.sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/24
Aryanto, S., Sumirat, F., Kurnia, D. A., Trivena, Fajri, M., Hanayatillah, M., Hartati, T., & Pitria, F. R. (2021). Asistensi Pelatihan Menulis Antologi Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship Ditinjau dari Penggunaan Media Pembelajaran Sinkronisasi dan Asinkronisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 40–48. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1819
AzorÃn, C. (2020). Beyond COVID-19 supernova. Is another education coming? In Journal of Professional Capital and Community (Vol. 5, Issues 3–4, pp. 381–390). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/JPCC-05-2020-0019
Hakiim, S., Sadiyah, H., Mutmainah, L., A’mal, M. I., & Arfinanti, N. (2021). Peningkatan mutu pendidikan di kelas IX pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.37922
Hakpantria, & Trivena. (2020). Pembelajaran Online Mahasiswa PGSD di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal KIP, VIII(3), 50–51.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.99
Palupi, E., Lian, B., & Sari, A. P. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Guru. CAHAYA PENDIDIKAN, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2822
Prawiyogi, Anggi Giri, D. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Peserta didik di SDIT Purwakarta. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 8. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Ramadhan, D. Y., & Meilana, S. F. (2018). Analisis Kesiapan Guru Dalam Mengajar Materi IPA Pada Pembelajaran Tatap Muka Dimasa Pendemi Covid 19. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 18(1), 208–219. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/didaktis/article/view/12819/5109
Santoso, Suyahmo, Maman, R., & Utomo, C. B. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi Covid 19. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 558–563.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penlitian Pendidikan. PT Remaja Rosda Karya.
Trivena, T., & Hakpantria, H. (2020). PCK (Pedagogical Content Knowledge) Awal Guru Sekolah Dasar dalam Mengajarkan Konsep Kalor: A Case Study. Elementary Journal, 3(1), 1–13. http://ukitoraja.ac.id/journals/index.php/ej/article/view/877
Wasis, S. (2021). Peran Pengawas dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi Covid 19. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 65–67. https://ptik.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/803
Wulandari, N. T., Mulyana, E. H., & Lidinilla, D. A. M. (2020). Analisis Unsur Art pada Pembelajaran STEAM untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru, 1(3), 135–141.
Yansari, R. Q. (2021). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Survei Online: Pelajar SMA/SMK/MA di Kabupaten Lamongan). 19, 1–23.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.