Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Mengidentifikasi dan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Satu Variabel

Siti Adinda Ratnamutia (1), Heni Pujiastuti (2)
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia,
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

Abstrak

Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk mendeskripsikan kesulitan dan penyebab kesulitan yang dialami siswa SMP kelas VII SMP Negeri 1 Ciruas dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan soal cerita materi Persamaan Linear Satu Variabel. Penelitian diawali dengan memberikan 2 soal persamaan linear satu variabel kepada 32 siswa. Selanjutnya jawaban dari siswa tersebut dikelompokkan berdasarkan benar atau salah. Setelah itu dipilih 3 siswa dengan kemampuan rendah, sedang dan tinggi untuk dilakukan analisis lebih lanjut dengan wawancara. Data diperoleh dari hasil jawaban siswa saat mengerjakan tes dan juga wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kemampuan rendah adalah melakukan kesalahan dalam konsep, kesalahan prinsip, keterampilan dan juga kesalahan fakta. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan kemampuan sedang adalah melakukan kesalahan prinsip, kesalahan keterampilan dan kesalahan fakta. Jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dengan memiliki kemampuan tinggi yaitu siswa melakukan kesalahan prinsip dimana siswa tidak dapat mengubah soal cerita ke dalam model matematika.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Lestari, W. S., Munawaroh, W., Kondomburan, Y. M., & Anggawirya, A. M. (2017). Jurnal magistra. 4, 63–69.

Lilianti, Adam, Asrul, A. (2019). PENANGANAN KESULITAN BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI BELAJAR DI SMA NEGERI 3 KENDARI. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3), 1–11.

Mustika, Chintya Zulvi. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MTs DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PSLV. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1719–1726.

Soedjadi, R. (2000). No Title. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Umam, Dliwaul BM. (2014). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN. MATHEdunesa, 3(3), 1–4.

Utami, A. S. (2017). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. (2014), 48–56.

Utari, R. S., Saleh, T., & Indrayanti. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Model Project Based Learning (PBL) di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Https://Www.Slideshare.Net, 1–20. Retrieved from https://www.slideshare.net/AmaBustam/jurnal-matematika-pelaksanaan-pembelajran-matematika-dengan-project-baseed-learning

Widyaningrum, Amalia Zulvia M. P. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Iqra’, 1(2).

Penulis

Siti Adinda Ratnamutia
adindst31@gmail.com (Kontak utama)
Heni Pujiastuti

Rincian Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found