Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Siswa SD
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berdasarkan jenis kelamin, mendeskripsikan hasil prestasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berdasarkan prestasi akademik dan mendeskripsikan perbedaan hasil prestasi belajar siswa berdasarkan jenis kelamin dan berdasarkan prestasi akademik terhadap pembelajaran model kooperatif STAD. Di dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitia yaitu kelas 4 SD dengan rincian 24 siswa kelas 4-A dan 24 siswa kelas 4-B yang berasal dari kelas yang berbeda. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan statistik Uji-t pada α = 5 %. Jadi thitung < ttabel maka ini Ha ditolak. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan penerapan pembelajaran matematika pada hasil prestasi belajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD pada berdasarkan jenis kelamin dan prestasi akademik.
Artikel teks lengkap
Referensi
Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim, M., dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : University Proses Press, UNESA.
Karuru, Perdy. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Siswa SLTP. WWW.DEPDIKNAS.CO.ID.2001.
Khusuma, Puput. 2013. Penggunaan Alat Peraga Garis Bilangan Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung Bilangan Bulat Siswa Kleas V SDN Jemur Wonosari I. Surabaya : Universitas Adi Buana
Machsusiah. 2009.Pengaruh Konsep Diri Dan Aplikasi Model Pembelajaran Kooperatif Type Stad Terhadap Tingkat Tugas Perkembangan Dalam Proses Pembelajaran Kelas VIII Smp Negeri Sidoarjo. Surabaya : Universitas Adi Buana.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Nugroho Yohanes Anton. 2011. It’s Easy Olah Data dengan SPSS. Yogyakarta : Skripta Media Creative.
Nur, Mohamad dan Wilkandari, Prima Retno. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis Dalam Pengajaran. Surabaya : Unesa.
Slavin, Robert E. 1995. Coopertive Learning : Theory, Research, and Practice. Boston : Allyn And Bacon
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pers.
Subana, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2001. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabet.
Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Walpole, Ronald E. 1982. Pengantar Statistika Edisi Ketiga (Penerjemah : Bambang Sumantri). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Penulis
Hak cipta berada di tangan penulis
Artikel yang terbit dapat digunakan di bawah lisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.