PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY

Gunawan - (1), Yuni Gayatri (2), Dwijani Ratnadewi (3), Yarno - (4), Chusnal Ainy (5)
(1) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan, Indonesia,
(2) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(3) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(4) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan,
(5) Pusat dokumentasi jurnal pendidikan

Abstrak

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peningkatan budaya kolaborasi dan kolegialitas melalui Lesson Study (LS) di UMSurabaya. Subyek penelitiannya adalah para dosen FKIP UMSurabaya dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan
Anak Usia Dini, Ketua masing-masing program studi dan Dekan FKIP UMSurabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dan metode yang digunakan adalah metode survei. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, wawancara dan kuesioner.Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk memberikan gambaran pelaksanaan LS, dan statistik deskriptif untuk analisis kuesioner.Hasil penelitian menunjukan bahwa budaya kolaborasi dan kolegialitas nampak padakegiatanplan, do dansee (refleksi). Secara kolaborasi merefleksikan efektivitas pembelajaran dan saling belajar antara anggota Kelompok Bidang
Keahlian (KBK). Dosen model lebih banyak berperan untuk melakukan refleksi diri dan mendiskusikan usulan anggota KBK lainnya.Fokus pembicaraan lebih pada materi pembelajaran, metode penyampaiannya.kondisi dan keterlibatan mahasiswa ketika belajar.
Semua anggota KBK memaparkan fakta, ide dan saran-saran secara solutif dan konstruktif untuk pengembangan desain mengajar yang lebih baik. Program studi mendukung keterlibatan semua dosen di kegiatan LS dengan cara membentuk tim KBK baru tiap semester dan mengundang semua dosen terkait untuk menjadi observer. Peran LS dalam pembinaan
dosen cukup berdampak signifikan terlebih dalam membina dosen baru, menumbuhkan budaya kolaboratif sehingga dosen lebih memperhatikan kualitas perangkat pembelajarannya.

Referensi

Cerbin, Bill & Kopp, Bryan. A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project. online: http :// www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm

Lesson Study Research Group online: http:// www.tc.edu/lesson study/whatislessonstudy.html

Lewis, Catherine (2004) Does Lesson Study Have a Future in the United States?. Online: http://www.sowi-online.de/journal/

-1/lesson_lewis.htm

Mulyana, Slamet. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Sudrajat, akhmad, 2008, lesson study untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.

https://ideguru.wordpress.com/2010/04/09/lesson-study-untuk-meningkatkanproses-dan-hasil-pembelajaran/diunduh 3 Desemebr 2014 pukul 10.00 WIB.

Verhaar, J.W.M. 2010. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Penulis

Gunawan -
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)
Yuni Gayatri
Dwijani Ratnadewi
Yarno -
Chusnal Ainy

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found