PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS TEMATIK INTEGRATIF: SEBUAH ALTERNATIF MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMK

DWIJANI RATNADEWI (1)
(1) Dosen FKIP UMSurabaya, Indonesia

Abstrak

ABSTRACT

Model Pembelajaran Bahasa Inggris TI adalah merupakan suatu kegiatan
pembelajaran bersinergis antar beberapa disiplin ilmu secara terintegrasi dan berdasar pada tema yang sama dan dalam konteks pembelajaran yang serupa dengan tujuan penguasaan suatu kompetensi lulusan yang sama. Dengan dasar pendekatan Contextual dan Communicative pembelajaran TI membuat para siswa belajar di dunianya
sendiri, yaitu sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni mereka, karena model pembelajaran ini adalah model pembelajaran bahasa Inggris tentang kompetensi kejuruan mereka sendiri. Model pembelajaran ini tidak membawa pikiran siswa ke tempat lain karena pembelajaran ini memiliki tema yang sama, sehingga memudahkan siswa  berkonsentrasi untuk memahami materi belajar. Disinilah terlihat suatu sinergi
pembelajaran yang efektif yang dapat diciptakan sebagai alternatif
pembelajaran Bahasa Inggris (dan mata pelajaran lain) untuk menjawab keresahan para guru maupun masyarakat pengguna lulusan atau users SMK atas hasil belajar yang kurang memuaskan.

Referensi

Read More

Penulis

DWIJANI RATNADEWI
shoffanshoffa@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

No Related Submission Found